//

KENDALA GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 69 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nisrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nisrina. 2017. Kendala Guru dalam Melaksanakan Penilaian Portofolio pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M. Si (2) Drs. M. Nasir Yusuf, M. Kes Kata Kunci : Kendala, Penilaian Portofolio, Kurikulum 2013. Salah satu teknik penilaian autentik dalam kurikulum 2013 adalah penilaian portofolio, yang merupakan teknik penilaian dengan cara menilai hasil karya siswa berupa kumpulan tugas yang dihasilkan siswa. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja kendala guru dalam melaksanakan penilaian portofolio pada kurikulum 2013 dan bagaimana upaya untuk mengatasi kendala guru dalam melaksanakan penilaian portofolio pada kurikulum 2013 di SD Negeri 69 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan penilaian portofolio dalam kurikulum 2013 dan untuk mengetahui upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan penilaian portofolio pada kurikulum 2013 di SD Negeri 69 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian bersumber dari guru-guru kelas SD Negeri 69 Banda Aceh dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang sudah sertifikasi di SD Negeri 69 Banda Aceh yang berjumlah 8 orang. Berdasarkan analisis data yang dilakukan bahwa kendala guru dalam melaksanakan penilaian portofolio adalah banyak menyita waktu dikarenakan guru harus terlebih dahulu membuat kriteria/rubrik penilaian sesuai dengan tugas portofolio, dan siswa tidak secara cepat memahami tugas-tugas portofolio serta banyak siswa yang tidak membawa bahan-bahan untuk tugas portofolio sehingga menjadi hambatan dalam penilaian. Kemudian ada guru yang belum sepenuhnya mengerti tentang penilaian portofolio sehingga penilaian portofolio jadi jarang dilaksanakan. Dan solusi yang dilakukan guru harus bisa mengatur waktu dan mempersiapkan diri dalam menerapkan konsep penilaian sesuai kurikulum 2013, dengan mengikuti pelatihan dan mempelajari buku pedoman tentang K-13 sehingga implementasinya sesuai seperti yang diharapkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015)

KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH. (Dian Julianti, 2017)

KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN KETERAMPILAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 69 BANDA ACEH (TEUKU MUAMMAR ARSYI, 2019)

KENDALA GURU DALAM PENGISIAN RAPOR KURIKULUM 2013 GUGUS 23 SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (Wan Reni Eka Fitri, 2018)

KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUKU PAKET KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Lini Yulia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy