//

NILAI BUDAYA DALAM NOVEL TUNGKU KARYA SALMAN YOGA S

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dara Mentari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : nilai budaya, novel Tungku Penelitian ini berjudul “Nilai Budaya dalam Novel Tungku Karya Salman Yoga S.” Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan, (2) bagaimana nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam, (3) bagaimana nilai budaya hubungan manusia dengan masyarakat dan (4) bagaimana nilai budaya hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan alam, hubungan manusia dengan masyarakat/manusia, dan dengan dirinya sendiri. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari novel Tungku karya Salman Yoga S. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan teknik kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai budaya yang terkandung dalam novel Tungku karya Salman Yoga S meliputi (1) kepasrahaan manusia terhadap Allah, (2) keimanan terhadap Allah. (3) ketaatan manusia terhadap Allah, (4) keteringatan manusia terhadap Allah, (5) memanfaatkan alam, (6) bersahabat dengan alam, (7) mitos, (8) gotong-royong, (9) musyawarah, (10) kebiasaan, (11) kepatuhan (12) perasaan, dan (13) emosi. Nilai budaya yang dominan dalam novel Tungku karya Salman Yoga S adalah nilai musyawarah dan perasaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTER MASYARAKAT ACEH DALAM NOVEL-NOVEL ACEH ERA 2000-AN (Hendra Kasmi, 2015)

ANALISIS NILAI SOSIOKULTURAL CERPEN KARYA VERA HASTUTI DALAM ANTOLOGI CERPEN PEREMPUANBERJANGKAT UTEM (Nanda Hestiana, 2019)

NILAI BUDAYA DALAM NOVEL SENANDUNG SABAI: CINTA DAN LUKA KARYA VERA YUANA (Nicko Amanda Putra, 2019)

ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT PETUAH SANG AYAH: RIWAYAT DATU PARNGONGO KARYA S.R.H SITANGGANG (Melia Purnama Sari, 2014)

UNSUR SEJARAH DAN BUDAYA DALAM NOVEL KURA-KURA BERJANGGUT KARYA AZHARI AIYUB (SUCI TRIMAFIKA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy