//

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PARKIR PADA KAWASAN PASAR NEUSU TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Daria Yuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aktivitas parkir di badan jalan dapat mengurangi efisiensi ruang milik jalan sehingga akan menurunkan kinerja jalan terlebih jika terdapat pusat perbelajaan, tempat ibadah, sekolah dan komplek perkantoran. Jalan Hasan Saleh Kota Banda Aceh merupakan kawasan campuran yang terdiri dari daerah perkantoran, pasar, dan pemukiman. Jalan tersebut merupakan jalan yang bertipe jalan 2 lajur 2 arah (2/2 UD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas parkir pada kawasan pasar Neusu berpengaruh terhadap tingkat pelayanan jalan di Jalan Hasan Saleh tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Penelitian dimulai dari STA 0+050 – 0+132 pengambilan data primer dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari kerja (Senin, Kamis) serta pada hari libur (Minggu) dari pukul 07.00-19.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Selain data primer dibutuhkan juga data sekunder berupa peta lokasi penelitian dan jumlah penduduk yang didapat dari instasi terkait. Berdasarkan pengumpulan dan pengolahan data, diperoleh puncak volume lalu lintas terjadi pada hari Senin, 24 April 2017 pada pukul 07.00-08.00 WIB sebesar 1296,35 smp/jam dengan kelas hambatan samping tinggi (835,1 kej/jam). Kecepatan tempuh pada kondisi existing 14,61 km/jam dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,73 dengan memiliki tingkat pelayanan jalan atau Level of Service (LOS) berada pada tingkat C (0,70 < 0,80) dengan keterangan arus stabil, tetapi kecepatan dan kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. Untuk ruas jalan dinyatakan oleh tingkat pelayanan yang merupakan rasio antara volume lalu lintas terhadap kapasitas jalan (RVK) untuk jalan kolektor RVK tidak boleh melebihi 0,85 untuk jalan lokal dan lingkungan RVK < 0,9. Dari hasil penelitian menunjukan kinerja Jalan Hasan Saleh Kota Banda Aceh masih cukup baik dan tidak memiliki masalah yang disebabkan aktivitas pasar di kawasan tersebut. Kata Kunci: Pengaruh Aktivitas Pasar, Tingkat Pelayanan Jalan, Kinerja Jalan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGARUH POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN DAN KELAYAKAN PARKIR PADA BADAN JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH (Rauzatul Ulfa, 2015)

STUDI EKSISTING SALURAN DRAINASE DI KAWASAN JALAN HASAN SALEH GAMPONG NEUSU ACEH KOTA BANDA ACEH (T. Reyfaldi Yuanda, 2017)

ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR RODA EMPAT DI PASAR ATJEH BARU KOTA BANDA ACEH (Betta Justi Randa, 2017)

PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS DI JALAN DIPONEGORO PASAR ACEH (DARA AULIA ULFA, 2018)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN T. HASAN DEK KOTA BANDA ACEH (Furqan Al Akbar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy