//

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fajriati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fajriati, Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA Abstrak. Salah satu tujuan pembelajaran matematika SMA yang harus dimiliki siswa sesuai dengan yang diamanatkan oleh NCTM (2000) adalah kemampuan komunikasi matematis. Selain kemampuan komunikasi matematis tinggi rendahnya self-efficacy siswa juga merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika, namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa di Indonesia masih tergolong rendah, untuk itu diperlukan pendekatan atau model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa adalah pendekatan scientific berbantuan software geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa dengan pendekatan scientific berbantuan software geogebra. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain berbentuk Pretest-Postest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jangka dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA2 sebagai kelas kontrol. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan pendekatan scientific berbantuan software geogebra lebih baik daripada siswa dengan penerapan pendekatan scientific tanpa bantuan software geogebra. Analisis data self-efficacy menunjukkan bahwa self-efficacy siswa sesudah penerapan pendekatan scientific berbantuan software geogebra meningkat. Kata Kunci : Software Geogebra, Pendekatan Scientific, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-efficacy

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACYRNSISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISKURSIF. (marlina, 2014)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ (EKA JUNITA, 2017)

PURNAMA WITA, MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) (Purnama Wita, 2017)

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP (Purwanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.