//

PURNAMA WITA, MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Purnama Wita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Purnama Wita, Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick Berbantuan Software Geometer’s Sketchpad (GSP) Kemampuan representasi matematis siswa merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa untuk mengkonstruksi ide-idenya dalam bentuk simbol, kata atau grafik sehingga dapat memudahkan siswa memahami konsep matematika. Kenyataannya kemampuan representasi matematis di Indonesia masih sangat rendah. Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dapat menyebabkan hasil belajar siswa yang tidak maksimal. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa adalah menerapkan model pembelajaran Novick berbantuan software Geometer’s Sketchpad (GSP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan minat belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran model Novick berbantuan software Geometer’s Sketchpad (GSP) serta hubungan antara kemampuan representasi matematis dan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bireuen dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan representasi matematis dan angket minat belajar siswa. Data di analisis menggunakan statistik uji-t untuk melihat adanya peningkatan kemampuan representasi matematis dan uji regresi linier untuk melihat hubungan antara kemampuan representasi matematis dan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah kemampuan representasi siswa dalam pembelajaran Novick berbantuan software Geometer’s Sketchpad (GSP) lebih baik daripada kemampuan representasi siswa dalam pembelajaran konvensional. Hasil penelitian lainnya adalah peningkatan minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Novick berbantuan software Geometer’s Sketchpad (GSP) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu adanya hubungan antara kemampuan representasi matematis siswa dan minat belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Novick berbantuan software Geometer’s Sketchpad (GSP). Kata Kunci : Kemampuan representasi matematis, Minat belajar siswa, Model novick dan Softwarre geometer’s sketchpad (GSP) vi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP (Purwanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.