//

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI KANDUNGAN BATUBARA TERHADAP LAJU REDUKSI BIJIH BESI SECARA LANGSUNG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Martunis - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan kebutuhan konsumsi baja dunia yang semakin meningkat telah memicu industri baja untuk meningkatkan kapasitas produksinya, akibatnya produksi bijih besi juga mengalami peningkatan. Pada penelitian ini teknologi yang digunakan untuk peleburan bijih besi adalah menggunakan metode reduksi langsung atau Direct Reduction Iron (DRI). Metode ini menggunakan media reduktor yang diperlukan batubara, CO2 dan N2 digunakan sebagai carrier gas untuk menghambat laju masuknya udara dari luar reaktor akibat adanya kemungkinan terjadi kebocoran. Sampel briket yang digunakan adalah bijih besi, batubara dan perekat ter dengan tiga jenis komposisi yang divariasikan yaitu 80%:10%:10%, 70%:20%:10% dan 60%:30%:10%. Temperatur yang digunakan dalam penelitian reduksi langsung bijih besi adalah bervariasi yaitu 5500C, 6500C dan 7500C, dengan interval waktu pengambilan data penurunan massa satu menit sekali sampai tidak terjadi lagi penurunan massa. Pada penelitian ini mengkaji laju penurunan massa selama reduksi, fraksi massa tak tereduksi dan konstanta laju reduksi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa laju reduksi cepat terjadi pada interval waktu awal hingga 10 menit dan setelah waktu 10 menit laju reduksi mulai melambat, pada bagian ini perbandingan campuran bahan baku mengalami pemanasan awal didalam reaktor dan zat-zat volatile matter bereaksi menjadi uap air dan asap. Laju reduksi terbesar terjadi pada komposisi briket 60%:30%:10% pada temperatur 7500C penurunan massa yang terjadi sebesar 18,93% dibandingakan dengan variasi komposisi yang lain pada temperatur yang sama hanya sebesar 15,18% dan 12,59%, sehingga fraksi massa tak tereduksi yang terjadi sebesar 81,7% lebih kecil dibandingkan dengan variasi komposisi briket yang lain yang sebesar 84,82% dan 87,41%. Konstanta laju reduksi terbesar terjadi pada temperatur 7500C yaitu sebesar 0,0055 gr/s sedangkan pada temperatur 5500C dan 6500C memiliki nilai yaitu sebesar 0,0037 gr/s dan 0,0033 gr/s.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI JUMLAH BATUBARA PADA BRIKET BIJIH BESI TERHADAP PRILAKU REDUKSI DENGAN METODE DIRECT REDUCTION IRON (DRI) (Zahlul, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL KEKUATANBRIKET HASIL REDUKSI BIJIH BESI DENGAN BATUBARA MUDA MENGGUNAKAN METODE HOT BRIQUETTED IRON (HBI) (ANDRE ADHITYA, 2019)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI KANDUNGAN BATUBARA TERHADAP LAJU REDUKSI BIJIH BESI SECARA LANGSUNG (Martunis, 2017)

KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK DEGRADASI BRIKET BIJIH BESI CAMPURAN BATUBARA MUDA (Muhammad Afif, 2016)

KAJI EKSPERIMENTAL PRODUKTIFITAS KANDUNGAN BIJIH BESI DENGAN METODE DIRECT REDUCTION IRON (DRI) (Muhammad Azmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy