//

NILAI-NILAI BUDAYA YANG MENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PELAKSANAAN TRADISI UPACARA KHANDURI BLANG/TURUN SAWAH DI DESA ALUE SEUMAMBU KECAMATAN COT GIREK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Rita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Nilai-Nilai Budaya Yang Mendukung Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pelaksanaan Tradisi Upacara Khanduri Blang/Turun Sawah Di Desa Alue Seumambu Kecamatan Cot Girek” ini mengangkat masalah nilai-nilai budaya apa saja yang diterapkan dalam pelaksanaan tradisi upacara khanduri blang oleh masyarakat Alue Seumambu Kecamatan Cot Girek dan nilai-nilai budaya yang bagaimana yang mendukung terbentuknya pendidikan karakter anak-anak pada tradisi khanduri blang/ turun sawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai budaya apa saja yang telah diterapkan oleh masyarakat Alue Seumambu Kecamatan Cot Girek dalam pelaksanaan tradisi upacara khanduri blang dan untuk mengetahui nilai-nilai budaya yang bagaimana yang menjadi pendukung terbentuknya pendidikan karakter anak-anak pada tradisi khanduri blang/turun sawah. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif dan pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun sumber data penelitian ini adalah tokoh masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Cot Girek. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi . Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan tradisi Khanduri Blang/Turun Sawah oleh masyarakat Alue Seumambu Kecamatan Cot Girek meliputi Tahap pertama: mengumpulkan dana, membeli hewan untuk disembelih, membaca yasin dan doa-doa agar hasil panen kelak memuaskan. Tahap kedua (saat padee dara) mengumpulkan dana, memasak bubur beras, melakukan peusijuk pada padi. Tahap ketiga (saat menuai padi) masyarakat memasak ala kadar, kemudian memakan bersama di sawah atau di tempat yang telah di tentukan, membaca yasin dan doa-doa agar hasil panen memuaskan. Nilai-nilai positif yang di dapat oleh anak-anak saat mengikuti upacara khanduri blang adalah kebersamaan, memiliki wawasan, mampu menguasai doa-doa, kesadaran akan tanggung jawab mereka untuk membantu orang tua di sawah, dan keceriaan menikmati khanduri. Adapun nilai-nilai yang mendukung terbentuknya karakter anak diantaranya adalah nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja keras, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kata kunci: Nilai- Nilai Budaya,Pendidikan Karakter Bangsa, Pelaksanaan tradisi khanduri blang

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TRADISI KHANDURI APAM PADA MASYARAKAT ADAT GAMPONG REUSAK KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (KHUSNA BORU TUMEANG, 2018)

PROFIL GURU IDEAL DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA PADA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 7 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA (Juaini Sulaiman, 2013)

TRADISI KENDURI BLANG DALAM MASYARAKAT MEUNASAH BARO KABUPATEN ACEH BESAR (MISRAZUL MUNA, 2019)

PELAKSANAAN UPACARA BENDERA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOTA BAKTI KECAMATAN SAKTI KABUPATEN PIDIE (ISMATUL FAZILLAH, 2018)

PEMBINAAN KARAKTER KEBANGSAAN BAGI SISWA MELALUI UPACARA BENDERA DI SMA NEGERI 1 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Agus Putra Irawan, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy