//

PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL DENGAN SISWA SD NEGERI 29 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mahdalena - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mahdalena. 2017. Perbandingan Motivasi Belajar Siswa SD Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School dengan SD Negeri 29 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Ruslan, S.Pd, M.Ed., (2) Dra. Alfiati Syafrina, M.Pd Kata Kunci: motivasi, belajar Motivasi dalam setiap orang berbeda-beda. Motivasi memegang peranan penting dalam kegiatan belajar. Motivasi yang berbeda pada setiap siswa akan mempengaruhi ketercapaian dalam tujuan belajarnya. Perbedaan motivasi ini dikarenakan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu cita-cita. Hipotesis awal dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan motivasi belajar siswa SD Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School dengan SD Negeri 29 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan motivasi belajar SD Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School dengan SD Negeri 29 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa SD Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School dan SD Negeri 29 Banda Aceh, sedangkan sampel penelitiannya yaitu siswa kelas V pada kedua sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji hipotesis (uji t) dengan bantuan komputer SPSS versi 22. Berdasarkan jawaban kuesioner, maka hasil yang diperoleh yaitu tingkat motivasi belajar siswa SD Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School memiliki rata-rata 123,16, dan SD Negeri 29 Banda Aceh memiliki rata-rata 119,53, dengan rentang untuk masing-masing sekolah sama yaitu 0-150. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa SD Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School dengan SD Negeri 29 Banda Aceh, hal ini terbukti dengan uji hipotesis yaitu nilai signifikansi > α = 0,05 (0,072 > 0,05). Dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa SD Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School dengan SD Negeri 29 Banda Aceh sehingga Ho diterima.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA YANG BERBENTUK PROBLEM SOLVING PADA KELAS VIII SMP TEUKU NYAK ARIF FATIH BILLINGUAL SCHOOL BANDA ACEH ZAINABAR (Zainabar, 2014)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT KABUPATEN/KOTA PADA SISWA KELAS XI SMA TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH TAHUN 2013 (Laiyina Ukhti, 2014)

AN EVALUATION OF ENGLISH TEXTBOOK “AIM HIGH 3” (A QUALITATIVE RESEARCH AT SMA TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL) (Sitti Jamilah, 2018)

AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER GITAR DI SEKOLAH TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL (LADIES) (CUT MAULINDA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy