//

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV DI MIN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadia Ananda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ananda, Nadia. 2017. Gaya berpikir siswa dalam menyelesaikan soal Matematika kelas IV di Min Peukan Bada Kabupaten Aceh besar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.Pd., (2) Drs. M. Yamin, M. Ed. Kata Kunci: gaya berpikir, menyelesaikan soal Matematika Banyak hal yang ditemukan saat kegiatan belajar, salah satunya perbedaan siswa dalam menyelesaikan soal yang guru berikan. Hal ini menunjukkan perbedaan cara berpikir antara satu siswa dengan siswa lainya. Dimana siswa menerima informasi secara konkret atau abstrak, lalu mengolah informasi tersebut dengan sekuensial ataupun acak. Sehingga terdapat 4 macam gaya berpikir yaitu: Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). Setiap individu memiliki empat macam gaya berpikir tersebut. Namun, hanya satu yang lebih menonjol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya pada materi pecahan. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui tes tertulis dan wawancara kepada setiap subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar, lebih tepatnya pada seluruh siswa kelas IVa yang berjumlah 27 siswa. Adapun objek penelitiannya yaitu indikator dari gaya berpikir menurut Bancong (2014). Hasil penelitian menunjukkan siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK) sebanyak 6 orang, Sekuensial Abstrak (SA) sebanyak 12 orang, Acak Konkret (AK) sebanyak 5 orang, dan Acak Abstrak (AA) sebanyak 4 orang. Maka dapat disimpulkan bahwa di kelas tersebut siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) lebih dominan dari pada gaya berpikir lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Riska Megarani, 2016)

GAYA BERPIKIR SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Reni Marfuza, 2017)

IDENTIFIKASI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nurul Hijjah, 2017)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH. (Ismi anti, 2016)

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI KELAS VIII SMPN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2014/2015 (MUTHMAINNAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy