//

USAHA GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPADA SISWA DI MIN KEUTAPANG DUA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Zahruwarni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zahruwarni, Syarifah. 2017. Usaha Guru dalam Menerapkan Nilai-nilai Karakter Kepada Siswa di MIN Keutapang Dua. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Ruslan, S.Pd., M.Ed., (2) Dra. Sy. Habibah, M.Pd Kata kunci: Usaha, penerapan, nilai-nilai karakter Dilingkungan sekolah sering kali guru berhadapan dengan siswa yang tidak disiplin, sering tidak mengerjakan tugas, siswa yang malas belajar dan lalai didalam kelas sehingga guru diharapkan mampu mengantisipasinya dengan menerapkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter kepada siswa?, (2) Kendala apa saja yang dialami guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter kepada siswa?, (3) Solusi apa saja yang dilakukan guru guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter untuk mencapai tujuan pendidikan karakter kepada siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter kepada siswa, kendala yang dialami guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter kepada siswa dan solusi apa saja yang dilakukan guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter untuk mencapai tujuan pendidikan karakter kepada siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Yang menjadi subjek penelitian adalah 6 orang guru di MIN Keutapang Dua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data peneliti memperoleh informasi bahwa guru telah menerapkan nilai-nilai karakter kepada siswa, berupa tanggung jawab, rasa hormat, keadilan, keberanian, kejujuran, rasa kebangsaan, disiplin diri, peduli dan ketekunan. Di dalam penerapannya, guru sering melakukannya dengan mengaitkan nilai-nilai tersebut didalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah (1) penerapan nilai-nilai karakter yang dilakukan guru dengan cara mengaitkan dan menyisipkan didalam semua mata pelajaran, dan guru juga senantiasa menasehati siswa agar selalu menjadi anak yang berakhlak mulia. (2) Pemberian bimbingan yang lebih kepada siswa yang tidak menerapkan nilai-nilai karakter, agar siswa tersebut menjadi anak yang patuh dan berkarakter baik, (3) Membangun kerjasama antara orang tua dengan guru supaya tercipta komunikasi yang baik sehingga dapat terbina karakter anak menjadi karakter yang baik dan mulia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPADA SISWA OLEH GURU SD NEGERI 37 KOTA BANDA ACEH (Rahmad Maulizar, 2015)

USAHA WALI KELAS DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER SISWA SD NEGERI 31 BANDA ACEH (Nita Wiguna, 2017)

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN DINIYAH DI SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Syamsidar, 2018)

UPAYA GURU BERPRESTASI (TELADAN) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (VIRNA AFTALIA, 2018)

PEMBINAAN KARAKTER SISWA OLEH GURU SMP SEDERAJAT DIKECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH (Siti Jemari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy