//

KEMAMPUAN NUMERIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANGGENG, ABDYA TAHUN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REZAWATIMAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rezawatimar. Kemampuan Numerik dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, Abdya Tahun 2016/2017. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universiats Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd, (2) Dra. Suryawati M.Pd Kata Kunci: Kemampuan numerik, hasil belajar, matematika Penelitian ini berkaitan dengan kemampuan numerik yang merupakan kemampuan dasar dalam menggunakan angka dan proses hitungnya. Sebagai cabang ilmu yang tidak luput dari penggunaan angka, penguasaan numerik ikut menjadi faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan numerik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, Abdya; (2) apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, Abdya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat kemampuan numerik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, serta (2) melihat ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, Abdya. Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya hubungan signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, Abdya tahun 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Manggeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi, dan pengolahan datanya menggunakan koefisien korelasi product moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh bahwa: (1) hasil kemampuan numerik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, Abdya berada dalam kategori cukup, dengan perolehan rata-rata 65,6 dan Standar Deviasi 11,02; (2) hasil analisis korelasi dengan menggunakan metode Pearson, diperoleh koefisien korelasi product moment antara kemampuan numerik dan hasil belajar matematika siswa sebesar 0,646 yang tergolong dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan numerik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, Abdya berada dalam kategori cukup, serta adanya hubungan signifikan antara kemampuan numerik dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, Abdya tahun 2016/2017.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEMAMPUAN NUMERIK DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Fauzan, 2014)

HUBUNGAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI OLEH SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (Uswatun Hasanah, 2016)

HUBUNGAN PERILAKU ADAPTIVE HELP-SEEKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Wiana Indar Utami, 2018)

HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Aulia Fitri, 2017)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SUBULUSSALAM TAHUN AJARAN 2017/2018 (Intan Marsiana Kabeakan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.