//

KONTRIBUSI AKAR BAMBU TERHADAP PENINGKATAN PARAMETER KUAT GESER TANAH AKIBAT BANJIR BANDANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulana Rizki Nst - Personal Name

Abstrak/Catatan

Akar merupakan bagian terpenting dalam mencegah terjadi tanah longsor melalui dua mekanisme yaitu mencengkeram tanah dilapisan permukaan pada kedalaman 0–5 cm oleh akar pohon yang menyebar horizontal dan menopang tegaknya batang sebagai jangkar, sehingga pohon tidak mudah tumbang oleh dorongan massa tanah. Hujan lebat yang berkelanjutan pada lereng kritis dan berpohon dengan akar-akarnya tidak menembus bidang longsor (slip surface) maka terjadi kelongsoran yang mengakibatkan banjir bandang. Pohon di bagian atas dan tengah dapat mempengaruhi nilai parameter kuat geser tanah. Berbagai faktor seperti mekanika dan hidrologi dalam menentukan parameter kuat geser tanah perlu dipertimbangkan. Lokasi penelitian dilakukan di daerah yang terjadi banjir bandang, yaitu di Gampong Keunaloi, Kecamatan Seulimum, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai kekuatan geser tanah yang dikontribusikan oleh akar bambu di lokasi banjir bandang. Sementara, pengambilan sampel akar bambu-tanah di lapangan menggunakan alat Root Auger berjarak yaitu 0.25 m, 0.50 m, 0.75 m, dan 1.00 m dari pohon bambu dengan kedalaman 0.50 m dan 1.00 m dan dibawa ke laboraturium untuk dilakukan tes Direct Shear. Hasil yang di dapat menunjukan bahwa pada lokasi jenis tanah adalah lempung anorganik. Nilai kohesi (c) rata-rata pada tanah adalah 0,283 kg/cm2 dan nilai sudut geser (Ø) adalah 12˚. Nilai kekuatan geser akan bertambah seiring bertambahnya nilai kohesi tambahan (Δs) yang disebabkan oleh akar bambu. Kata kunci : Akar bambu, kekuatan geser tanah (τ) , nilai kohesi (c), sudut geser (Ø).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUATAN AKAR BAMBU DI BAWAH LERENG KEPADA KONTRIBUSI KEKUATAN GESER TERHADAP STABILITAS TANAH . (haris novian saputra, 2017)

KEKUATAN TARIK AKAR BAMBU TERHADAP STABILITAS TANAH DI BAWAH LERENG (Rizki Ramadhan, 2016)

GAYA TARIK AKAR BAMBU TERHADAP STABILITAS LERENG (Ismail, 2018)

PENGUJIAN KEKUATAN GESER TANAH LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 41 (Muarief, 2017)

KAJIAN SEKITAR AREA TANAH LONGSOR DI LOKASI SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN GESER LANGSUNG (Mizwar Shiddiq, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy