//

USAHA WALI KELAS DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER SISWA SD NEGERI 31 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nita Wiguna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wiguna, Nita. 2017. Usaha Wali Kelas Dalam Menerapkan Nilai Karakter Siswa SD Negeri 31 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mahmud HR, M.Si., (2) Mislinawati, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: usaha, wali kelas, nilai karakter Perkembangan pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik, melalui pendidikan karakter. Kementerian Pendidikan Nasional sudah mencanangkan penerapan pendidikan karakter untuk semua tingkat pendidikan dari SD sampai Perguruan Tinggi. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana usaha wali kelas dalam menerapkan nilai karakter siswa SD Negeri 31 Banda Aceh dan nilai-nilai karakter apa saja yang diterapkan oleh wali kelas SD Negeri 31 Banda Aceh. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha wali kelas dalam menerapkan nilai karakter siswa SD Negeri 31 Banda Aceh dan nilai-nilai karakter apa saja yang diterapkan oleh wali kelas SD Negeri 31 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang guru, yaitu semua wali kelas di SD Negeri 31 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara yang dianalisis dengan tiga tahap analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, usaha wali kelas dalam menerapkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, yaitu memulai kegiatan berdoa, berbagai macam kegiatan yang dapat dibiasakan baik dikelas maupun diluar kelas, mengajak siswa untuk selalu berpikir kreatif, melakukan kegiatan yang meningkatkan rasa nasionalime dan demokratis, selalu mengingatkan dan mengajari siswa hal-hal yang berkaitan dengan nilai karakter, tidak segan untuk memberikan sanksi kepada siswa agar dapat memberikan efek jera bagi siswa yang bertindak tidak sesuai dan selalu berlaku adil terhadap siswa. 18 nilai karakter yang diterapkan oleh guru SD Negeri 31 Banda Aceh yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPADA SISWA OLEH GURU SD NEGERI 37 KOTA BANDA ACEH (Rahmad Maulizar, 2015)

USAHA GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPADA SISWA DI MIN KEUTAPANG DUA (Syarifah Zahruwarni, 2017)

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN DINIYAH DI SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Syamsidar, 2018)

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA DIRI SISWA DI SD NEGERI 1 MERDUATI BANDA ACEH (INDAH WAHYUNI, 2017)

PERBANDINGAN KARAKTER ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM KARAKTER NURUL QUR’AN DAN SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR (Apriliani Agustini, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy