//

DESENTRALISASI FISKAL DAN KEMISKINAN DI INDONESIA (STUDI KASUS: INDONESIA BAGIAN TIMUR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ichsan Maulana - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Desentralisasi Fiskal dan Kemiskinan di Indonesia (Studi Kasus: Indonesia Bagian Timur) Nama : Ichsan Maulana NIM : 1201101010082 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Raja Masbar., M.Sc Penelitian ini dibuat untuk mengetahui sejauh mana pengaruh desentralisasi fiskal melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), -dengan menggunakan Produk Domesik Regional Bruto (PDRB) sebagai variable kontrol, terhadap kemiskinan di Indonesia bagian timur; Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Data yang digunakan adalah data panel (pooled data) 5 provinsi tahun 2008-2013. Model yang digunakan ialah model panel dengan metode analisis fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDRB sebagai variabel kontrol berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Selanjutnya, instrumen desentralisasi fiskal DAK memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Adapun DAU mempunyai pengaruh negatif namun tidak signifikan. Pemerintah diharapkan dapat mengoptimalisasi alokasi DAU untuk belanja modal pada sektor yang dapat menstimulus perekonomian, hingga pada gilirannya dapat membantu dalam menurunkan tingkat kemiskinan. Kata Kunci: Desentralisasi Fiskal, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Kemiskinan, Fixed Effect Model.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAUSALITAS ANTARA DESENTRALISASI FISKAL, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA (IHWANI, 2016)

PENGARUH DESENTRALIS FISKAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (Anita , 2014)

PENGARUH ANGGARAN PENDIDIKAN, ANGGARAN KESEHATAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (ERWINSYAH PUTRA, 2018)

PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENYERAPAN ANGGARAN TERHADAP AKUNTABILITAS PELAPORAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI ACEH (MURAIYA, 2017)

PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, SUKU BUNGA DAN EKSPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (YUNIDAR PURNAMA SARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy