//

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Corry Febrika - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Identifikasi, Ektoparasit, Ikan Nila, Penelitian yang berjudul “Identifikasi Ektoparasit Pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Kabupaten Aceh Besar” telah dilakukan dari Januari sampai dengan Februari 2014 di Laboratorium Stasiun Karantina Ikan Kelas I Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Jenis-jenis ektoparasit yang menginfeksi Ikan Nila, (2) mengetahui di lokasi manakah terdapat ektoparasit yang paling banyak, (3) mengetahui nilai prevalensi dan intensitas yang paling tinggi dari masing-masing lokasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Parameter penelitian ini adalah jenis-jenis ektoparasit. Data dianalisis dengan menggunakan rumus prevalensi dan intensitas. Hasil penelitian dari jumlah sampel 60 ekor ditemukan Trichodina sp., Cichlidogyrus sp., Dactylogyrus sp. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian (1) jenis ektoparasit yang ditemukan Trichodina sp., Cichlidogyrus sp., dan Dactylogyrus sp. (2) lokasi yang paling banyak terdapat ektoparasit adalah BBI Jantho, (3)(a) nilai prevalensi dan intensitas yang paling tinggi pada lokasi I Cichlidogyrus sp. 75%,pada lokasi II Trichodina sp. 85% dan pada lokasi III Trichodina sp. 45% (3)(b) Intensitas lokasi I Cichlidogyrus sp. 6 ind/ekor, lokasi II Trichodina sp. 7 ind/ekor dan lokasi III Trichodina sp. 5 ind/ekor

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DI KABUPATEN ACEH BESAR (Corry Febrika, 2017)

PENGARUH SUHU PEMELIHARAAN IKAN DAN MASA SIMPAN DAGING IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) PADA PENYIMPANAN SUHU -20°C TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI (Nurdiani Muliana Sitakar, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS KELAPA TERFERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DERAJAT KESEHATAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS LINN.) (Rizka Mulia, 2017)

PEMANFAATAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) SEBAGAI BIOFILTER TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Reviendra Safaringga, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN MADU PADA PAKAN TERHADAP PERKEMBANGAN GONAD IKAN NILA BETINA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Nur Azizah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy