//

ANALISIS KINERJA JALAN MANEKROO (STUDI KASUS KAWASAN SDN 14 DAN MTSN 4 MEULABOH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nelly Sri Mulyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan Manekroo merupakan salah satu nama jalan yang berada di kota Meulaboh, wilayah tersebut dikenal sebagai kawasan sekolah karena terdapat dua sekolah negeri yaitu SDN 14 Meulaboh dan MTS Negeri 4 Meulaboh, juga terdapat bangunan pertokoan serta penjual kaki lima. Jalan ini juga merupakan salah satu akses menuju pusat kota dengan aktivitas cukup tinggi sehingga berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan yang dilewati. Jalan Manekroo kawasan sekolah ini merupakan jalan kolektor sekunder adalah jalan 2 lajur 2 arah tak terbagi dengan lebar jalur 2x4 meter dilengkapi dengan bahu jalan selebar 2x0,5 meter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Jalan Manekroo Kota Meulaboh, kawasan sekolah SDN 14 dan MTSN 4 Meulaboh. Pengambilan data primer dilakukan selama 4 (empat) hari yaitu dimulai pada hari Senin 7 Agustus 2017-Kamis 10 Agustus 2017 dari pukul 07.00-13.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Selain itu juga digunakan data sekunder yaitu peta Kota Meulaboh, peta lokasi dan jumlah penduduk Kota Meulaboh. Analisis kinerja jalan ini menggunakan metode Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 19/PRT/M/2011 dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Volume tertinggi pada hari Selasa 8 Agustus 2017 sebesar 1265 smp/jam, hambatan samping 1587 kej/jam dengan kelas hambatan samping sangat tinggi, kecepatan arus bebas 31 km/jam, kapasitas sebesar 2075 smp/jam, derajat kejenuhan 0,60, dan kecepatan lalu lintas 12,67 km/jam. Hasil kinerja jalan pada Jalan Manekroo kawasan sekolah Meulaboh masih cukup baik dimana derajat kejenuhan masih jauh dari tolok ukur yang diisyaratkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 19/PRT/M/2011 yaitu sebesar 0,85. Namun jalan ini harus diubah pola parkir pada badan jalan agar lajur efektif pada jalan ini menjadi lebih besar dan kecepatan tempuh pada jalan ini menjadi semakin tinggi. Kata kunci: Kapasitas jalan, derajat kejenuhan dan Kinerja jalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENERAPAN MANAJEMEN LALU-LINTAS PADA KAWASAN DRIEN RAMPAK MEULABOH KAB. ACEH BARAT (FAISAL ARIF, 2019)

STUDI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN CUT NYAK DHIEN KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS KAWASAN SEKOLAH LAMTEUMEN) (Zaki Fadhlin, 2019)

PERHITUNGAN KINERJA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF TUNGKOP BERDASARKAN DERAJAT KEJENUHAN DAN KECEPATAN (STUDI KASUS KAWASAN KOMPLEK SEKOLAH TUNGKOP) (RAHMAT AWALUDDIN ISNIN, 2018)

KAJIAN MANFAAT PENINGKATAN JALAN ALTERNATIF BERDASARKAN ANALISA CONSUMER SURPLUS DALAM EKONOMI TRANSPORTASI (STUDI KASUS RUAS JALAN MEULABOH – GEUMPANG – SIGLI) (HENDRA SAPUTRA, 2019)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy