//

ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN MENENTUKAN JENIS PENANGANANNYA (STUDI KASUS JALAN JANGKA II - MATANG GLUMPANG II KABUPATEN BIREUEN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Niswati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan Jangka II – Matang Gelumpang II merupakan jalan Kecamatan dengan fungsi sebagai jalan lokal primer. Jalan ini memiliki lebar 4 m dengan tipe jalan 1 lajur 2 arah. Adapun manfaat yang didapatkan dari penelitian jalan ini yaitu mendapatkan informasi yang jelas tentang persentase kerusakan Jalan Jangka II. Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Jangka dengan panjang ruas jalan 2 km mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa STA yaitu tiap 200 m. Kemudian tiap STA jalan dilakukan pengamatan secara visual, pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan dan dilakukan pengamatan volume lalu-lintas. Dalam metode PCI tingkat keparahan kerusakan perkerasan merupakan fungsi dari 3 faktor utama yaitu: tipe kerusakan, tingkat keparahan kerusakan, dan jumlah. PCI ini merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Hasil kerusakan pada ruas Jalan Jangka II, adalah adalah lubang 143,4 m², retak memanjang 134,7 m², retak pinggiran 68,5 m², tambalan 59,7 m², amblas 28,7 m². Nilai PCI pada ruas jalan tersebut yaitu 56 dengan kondisi baik (good). Tindakan perbaikan dengan memberikan lapisan tambahan (overlay) pada perkerasan jalan yang berfungsi untuk menerima beban lalu-lintas dan menyebarkannya ke lapisan di bawahnya, kemudian diteruskan ke tanah dasar. Untuk mempertahankan kinerja perkerasan, diperlukan beberapa tindakan perbaikan kerusakan, baik berupa pemeliharaan rutin setiap tahun maupun pemeliharaan berkala. Kata Kunci : lalu-lintas, Metode PCI, Penanganan jalan, Kerusakan jalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN BEUREUNUEN – BATAS KEUMALA) (YUSWARDI RAMLI, 2017)

ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DAN MENENTUKAN JENIS PENANGANANNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (STUDI KASUS JALAN TEUNGKU TANOH ABEE, KOPELMA DARUSSALAM, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH ) (Sugina Lauradilla, 2018)

ANALISIS PENGARUH KERUSAKAN JALAN TERHADAP KARAKTRISTIK ALIRAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN BLANG BINTANG LAMA DAN JALAN TEUNGKU HASAN DIBAKOI) (INTAN WERNANDA, 2017)

EVALUASI KERUSAKAN JALAN UNTUK MENENTUKAN JENIS RNPENANGANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCIRNSTUDI KASUS JALAN TENGKU HASAN DIBAKOI RNKABUPATEN ACEH BESAR (Alfian Is, 2015)

EVALUASI KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN MENURUT METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)(STUDI KASUS: RUAS JALAN PANTON LABU – LANGSA – BATAS SUMUT) (Muhammad Efendi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy