//

KEPADATAN POPULASI DAN POLA PENYEBARAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) DI ZONA LITORAL DANAU LAUT TAWAR KAWASAN KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rianita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rianita. 2017. Kepadatan Populasi dan Pola Penyebaran Kerang Air Tawar (Anodonta woodiana) di Zona Litoral Danau Laut Tawar Kawasan Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S., M. Si., (2) Mimie Saputri, S. Pd., M. EEL. Kata kunci: Kepadatan populasi, Pola penyebaran, Anodonta woodiana, Zona Litoral Danau Laut Tawar. Kerang Air Tawar (Anodonta woodiana) dapat ditemukan di Zona Litoral Danau Laut Tawar, pada saat ini Danau Laut Tawar menjadi salah satu tempat pembuangan limbah dan dapat mengganggu flora maupun fauna yang ada. Kerang Air Tawar ini belum diketahui secara mendalam kepadatan populasi dan pola penyebarannya sehingga dilakukan penelitian tentang Kepadatan Populasi dan Pola Penyebaran Kerang Air Tawar (Anodonta woodiana) di Zona Litoral Danau Laut Tawar Kawasan Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah telah dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2017. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui kepadatan populasi Kerang Air Tawar (A. woodiana)dan (2) untuk mengetahui pola penyebarannya.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survey, dengan teknik purposive sampling, berdasarkan keberadaan Kerang Air Tawar (A.woodiana). Hasil penelitian diperoleh kepadatan populasi A. woodiana pada setiap pengamatan berkisar antara 2 ind/m2 sampai dengan 11 ind/m2. Indeks morisita pola penyebaran berkisar antara 0,04 sampai 1,06. Kondisi lingkungan terdiri dari suhu 24o C – 26o C, kisaran salinitas 0,1‰ – 0,5‰, kisaran pH 6,8 – 7,5, dan substrat pada setiap stasiun adalah lempung berpasir.Kesimpulan (1) Kepadatan populasi Anodonta woodiana adalah 12ind/m2, dan (2) Pola penyebaran Kerang Air Tawar A.woodiana di Zona Litoral Danau Laut Tawar adalah acak dan seragam.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) SEBAGAI BIOFILTER TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Reviendra Safaringga, 2017)

GAMBARAN KADAR LEMAK IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) DI KABUPATEN ACEH TENGAH (SYAHRIN NOVIA,SKH, 2014)

TAMAN REKREASI AIR DI DANAU LAUT TAWAR (Muslim Fernandez, 2014)

PENGELOLAAN DANAU LUT TAWAR SEBAGAI OBJEK PARIWISATA (STUDI KASUS PADA KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH) (Fitri Wulan Dari, 2016)

PERANCANGAN HOTEL RESORT DANAU LAUT TAWAR (Miskal Tirmiara, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy