//

PERKEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN BATOK KELAPA DI GAMPONG UJONG KAREUNG KECAMATAN SUKAJAYA, SABANG, 2005-2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ika Nadia Lestari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lestari, Ika Nadia. 2017. Perkembangan Industri Kerajinan Batok Kelapa di Gampong Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Sabang, 2005-2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Teuku Abdullah, SH., MA (2) Drs. Anwar Yoesoef, M.Si Kata Kunci: Perkembangan, Industri Kerajinan, Batok Kelapa, Gampong Ujong Kareung. Industri Kerajian Batok Kelapa termasuk industri kecil. Industri ini berkembang di Gampong Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Sabang. Keberadaan industri ini telah berdampak bagi kehidupan masyarakat setempat terutama dalam aspek sosial, ekonomi dan budaya. Penelitian yang berjudul “Perkembangan Industri Kerajinan Batok Kelapa di Gampong Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Sabang, 2005-2017”, bertujuan untuk (1) merekontruksi kembali perkembangan Industri Kerajinan Batok Kelapa di Gampong Ujong Kareung, 2005-2017, (2) menjelaskan faktor yang mempengaruhi masyarakat di Gampong Ujong Kareung bekerja sebagai karyawan industri Kerajinan Batok Kelapa, 2005-2017, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh pengrajin Industri Kerajinan Batok Kelapa dalam mengembangkan usahanya di Gampong Ujong Kareung Kecamatan Sukajaya, Sabang, 2005-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode sejarah, yang memiliki langkah pemilihan tema, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Industri Kerajinan Batok Kelapa di Gampong Ujong Kareung dimulai sejak 1950, namun tahun 2004 sempat terhenti akibat bencana tsunami dan mulai kembali tahun 2005 hingga sekarang. Perkembangannya terlihat dari jumlah karyawan, jumlah produksi dan semakin beragam dan cara penjualan melalui order, promosi di pameran dan menitipkan hasil kerajinan ke toko-toko, (2) faktor masyarakat Gampong Ujong Kareung bekerja sebagai karyawan Industri Batok Kelapa, yaitu faktor ekonomi, minimnya lapangan pekerjaan di sektor lain, artinya kurangnya lapangan pekerjaan non formal yang disediakan oleh pihak pemerintahan dan keinginan mengembangkan bakat dan minat, dan (3) kendala Perkembangan Industri Kerajinan Batok Kelapa di Gampong Ujong Kareung ialah: keterbatasan bahan baku dan modal usaha, persaingan dengan produk modern, dan regenerasi semakin minim.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN TEMPURUNG KELAPA UNTUK PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DI USAHA BATOK CRAFT ABDYA (NANA SURIANA, 2018)

KERAJINAN LIMBAH KELAPA DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGAKABUPATEN ACEH BESAR (Cut Wilisa, 2018)

EVALUASI KEBERADAAN PRASARANA OLAHRAGA MASYARAKAT DI KECAMATAN SUKAJAYA KOTA SABANG TAHUN 2014 (Rizani, 2015)

FUNGSI DAN WEWENANG TUHA PEUET DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (STUDI KASUS DI DESA UJONG KAREUNG KECAMATAN SUKAJAYA KOTA SABANG) (salamun, 2013)

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SANDAL BATOK KELAPA DI PAUD IT HAFIZUL ‘ILMI (RAHMAYANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy