//

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN CANGKANG KEMIRI TERHADAP NILAI KOEFISIEN PERMEABILITAS TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indah Novita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tanah lempung tergolong kedalam jenis tanah kohesif karena sangat peka terhadap air. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian sifatsifat fisis tanah yaitu berat jenis, batas cair, batas plastis, analisis saringan dan pengujian sifat mekanis yaitu pemadatan dan permeabilitas berdasarkan pengujian ASTM D 854-58 dan SNI NO 19-6473-2000. Permeabilitas adalah tingkat kemampuan tanah meloloskan air, merembes atau mengalir melalui rongga pori tanah. Tanah yang digunakan pada penelitian ini adalah tanah lempung terganggu (disturbed) yang berasal dari Desa Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Cangkang kemiri merupakan kulit dari biji kemiri yang bersifat keras dan biasanya hanya bijinya saja yang dimanfaatkan sebagai bumbu masak atau penghasil minyak kemiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stabilisasi tanah lempung menggunakan limbah cangkang kemiri terhadap nilai koefisien permeabilitasnya. Dalam penelitian ini variasi penambahan limbah cangkang kemiri adalah sebesar 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%. Pengujian permeabilitas untuk variasi 0% - 20% menggunakan kadar air optimum/Optimum Moisture Content (OMC). Hasil variasi 0% mendapatkan nilai koefisien permeabilitas sebesar 6,28x10 -6 cm/detik, untuk nilai koefisien variasi 5% sebesar 1,10x10 -5 5 cm/detik, untuk nilai koefisien variasi 10% sebesar 1,23x10 cm/detik, untuk nilai koefisien variasi 15% sebesar 1,39x10 -5 cm/detik, dan untuk nilai koefisien variasi 20% sebesar 1,47x10 -5 cm/detik. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa, semakin banyak penambahan limbah cangkang kemiri maka akan semakin tinggi nilai koefisien permeabilitas pada tanah lempung. Kata kunci : Tanah lempung, Permeabilitas, Cangkang Kemiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN CANGKANG KEMIRI TERHADAP KEPADATAN TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Fitriani Farezha, 2017)

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN CANGKANG KEMIRI TERHADAP NILAI CBR TANPA RENDAMAN (UNSOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Laila Mustika, 2017)

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN CANGKANG KEMIRI TERHADAP NILAI CBR TERENDAM (SOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Wawan Syahputra, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH ABU JERAMI PADI TERHADAP NILAI KOEFISIEN PERMEABILITAS TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Suryadi, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK TERHADAP NILAI KOEFISIEN PERMEABILITAS TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK DARUSSALAM (Miftahul Jannah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy