//

PENGARUH PEMBERIAN NATRIUM KLORIDA (NACL) DAN DERAJAT SUHU SEBAGAI DEFORMALINATOR PADA IKAN DENCIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jeffri Pamungkas S - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Setiawan, Jeffri Pamungkas. 2017. Pengaruh Pemberian Kombinasi Natrium Klorida (NaCl) dan Derajat Suhu Sebagai Deformalinator Pada Ikan Dencis. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si. (2)Dra. Asiah. MD., M.P. Kata Kunci : natrium klorida, derajat suhu, deformalinator ikan dencis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi konsentrasi NaCl dan derajat suhu terhadap kadar formalin pada ikan dencis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksperimental dengan melihat pengaruh reduksi atau penurunan kadar formalin pada ikan dencis (Sardinella sirin). Rancangan percobaan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) pola non faktorial. Ikan dencis dibagi dalam 5 perlakuan, yaitu P0, P1, P2, P3, dan P4 dengan pengulangan sebanyak 5 kali pada masing-masing perlakuan. Pada P0, ikan direndam air biasa, P1 ikan direndam larutan garam 5% dan aquades 40°C, P2 ikan direndam larutan garam 10% dan aquades 60°C, P3 ikan direndam larutan garam 5% dan aquades 60°C, P4 ikan direndam larutan garam 10% dan aquades 40°C. Data dianalis dengan menggunakan ANAVA (Analisis Varian) dan dilanjutkan dengan uji duncan pada α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian kadar formalin awal yang terdapat pada ikan dencis berkisar 7332,34 mg/L hingga 7567,3 mg/L, pemberian kombinasi NaC dan derajat suhu berpengaruh nyata terhadap penurunan kadar formalin ikan dencis dengan F hitung > F table (F hitung 103,37 > F tabel 2,67). Simpulan penelitian ini adalah Pemberian kombinasi NaCl dan derajat suhu berpengaruh terhadap penurunan kadar formalin pada ikan dencis (Sardinella sirin). Penurunan kadar formalin yang terbaik pada penelitian ini adalah dengan menggunakan larutan NaCl 10 % dengan suhu 60 °C dan 40 °C.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PEMBERIAN CAIRAN INFUS NACL 0,9% DAN RINGER LAKTAT TERHADAP PERUBAHAN KADAR ELEKTROLIT PADA OPERASI TRANSURETHRAL RESECTION OF PROSTATE (TURP) (Rahmanizar, 2015)

PERUBAHAN KADAR ELEKTROLIT PASCA PEMBERIAN NACL 0,9 % DIBANDINGKAN RINGER LAKTAT PADA PASIEN LAPAROTOMI DI RSUDZA BANDA ACEH (Farah Dina, 2015)

PENGARUH PENCUCIAN NATRIUM KLORIDA DENGAN TAMBAHAN GENTAMISIN TERHADAP PENCEGAHAN INFEKSI LUKA OPERASI PADA PASIEN FRAKTUR TERBUKA TULANG PANJANG DERAJAT II DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. M. Andri Mulia, 2019)

ANALISIS KADAR FORMALIN PADA IKAN ASIN DIRNPASAR LAMBARO DAN PASAR KEUTAPANG DUARNKABUPATEN ACEH BESAR (CUT FITRIA RISDA YANTI, 2015)

PROFIL HEMATOLOGI IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) YANG TERPAPAR MERKURI KLORIDA (HGCL 2 ) (Cut Nurlaila Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy