//

IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENILAIAN RISIKO PADA KEGIATAN OVERBURDEN REMOVAL, COAL GETTING DAN COAL CRUSHING PT MIFA BERSAUDARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zoraya Maysura - Personal Name

Abstrak/Catatan

Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko adalah metode untuk mengidentifikasi bahaya, menentukan tingkat risiko serta melakukan pengendalian sesuai ketentuan dari perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses identifikasi bahaya, penilaian risiko dan upaya pengendalian serta penentuan skala prioritas bahaya berdasarkan Hazard Identification, Risk Assesment and Determining Control (HIRADC) pada kegiatan overburden removal, coal getting dan coal crushing di area penambangan PT. Mifa Bersaudara. Penelitian ini merupakan penelitian semi-kuantitatif dengan menggunakan skala deskriptif dan pemberian nilai (skoring). Pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan dan mempelajari dokumen-dokumen perusahaan. Data yang diperoleh dari observasi langsung berupa tahapan detail penambangan, tingkat kekerapan serta tingkat keparahan kecelakaan. Sementara Dokumen Perusahaan adalah data-data tentang kegiatan penambangan yaitu Instruksi Kerja dan Standar Operasional Prosedur. Analisa data dimulai dari menghitung nilai risiko dengan bentuk skoring pada kekerapan (f) dan keparahan (s) kemudian dicocokkan ke matriks kategori risiko untuk diketahui tingkat risiko bahaya dan ditentukan penanganannya. Risiko-risko yang memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi akan dikelompokkan menjadi skala prioritas bahaya. Berdasarkan pengamatan di lapangan penerapan HIRADC dalam proses kerja overburden removal, coal getting dan coal crushing di area penambangan PT. Mifa Bersaudara terdapat 79% risiko bahaya rendah dan 21% risiko bahaya medium serta tidak terdapat bahaya dengan risiko tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Mifa Bersaudara telah menjalankan Sistem K3 dengan semestinya. Kata Kunci : identifikasi bahaya, penilaian risiko, penentuan kontrol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN TEKNIS KINERJA ALAT CRUSHING PLANT UNTUK PENGOPTIMALAN PRODUKSI COAL CRUSHING DI SATUAN UNIT COAL CRUSHING PLANT (CCP) PT MIFA BERSAUDARA, MEULABOH, ACEH BARAT (Ariskal Musza Putra, 2018)

KAJIAN BIAYA KEGIATAN REHANDLING DAN COAL CRUSHING DI SATUAN UNIT COAL CRUSHING PLANT (CCP) TAMBANG BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA, MEULABOH, ACEH BARAT (Muhammad Firdaus, 2018)

OPTIMASI PENINGKATAN PRODUKSI PADA SISTEM PEREMUKAN BATUBARA DI PT BARA ENERGI LESTARI NAGAN RAYA (Khairul Reza Ananda, 2018)

IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP SISTEM OPERASIONAL DI AREA FIX CRUSH 01 (FC01) PT. MIFA BERSAUDARA – MEULABOH ACEH BARAT (Hanapi, 2019)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS EXCAVATOR RIPPER BUCKET DENGAN EXCAVATOR STANDARD BUCKET BERDASARKAN CYCLE TIME AKTUAL PADA KEGIATAN COAL GETTING DI PT MIFA BERSAUDARA, ACEH BARAT. (RIZKA AYUNDA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy