//

EVALUASI BIAYA OPERASIONAL ALAT MEKANIS PADA KEGIATAN PENGUPASAN OVERBURDEN DI PT MIFA BERSAUDARA, ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diah Zamalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kegiatan pengupasan overburden mengeluarkan banyak biaya, diantaranya biaya operasional alat mekanis. Pengeluaran biaya operasional alat mekanis juga bergantung pada konsumsi bahan bakar, jam kerja, serta produktivitas alat mekanisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi biaya operasional pengupasan overburden yang harus dibayar oleh PT Mifa Bersaudara pada bulan Juli 2017. PT Mifa Bersaudara menggunakan sistem contract mining dengan PT Cipta Kridatama dalam kegiatan penambangan, dimana pembayaran alat yang digunakan berdasarkan tiap bcm atau ton material yang dihasilkan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan biaya yang dikeluarkan alat mekanis terhadap jumlah overburden yang dikupas, lalu akan dibandingkan dengan biaya yang telah direncanakan. Target produksi overburden bulan Juli 2017 adalah 786.391 bcm. Namun, produksi aktualnya hanya 689.082,94 bcm. Total biaya operasional untuk pengupasan overburden bulan Juli 2017 adalah US$ 1,453,121.12 atau US$ 2.11/bcm, jumlah ini lebih rendah dari perencanaannya yang mencapai US$ 1,851,500.70 atau US$ 2.35/bcm. Ketika dilakukan peninjauan biaya per bcm pada tiap unit alat mekanis, hampir keseluruhan unit mengeluarkan biaya per bcm yang lebih rendah dari perencanaan. Akan tetapi, masih didapati beberapa unit dengan biaya operasional lebih tinggi dari yang direncanakan, yaitu excavator dengan nomor CE200, dump truck 775F, dozzer D6R, dan dozzer D7G. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa yang menjadi penyebab biaya operasional per bcm lebih tinggi adalah alokasi unit yang tidak sesuai perencanaan, masih ada unit dengan produksi per jam yang rendah, serta jumlah unit dan jam kerja yang melebihi perencanaan. Kata kunci : biaya operasional, overburden, alat mekanis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT GALI-MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGANGKUTAN BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA KABUPATEN ACEH BARAT, ACEH (Chairunnas, 2018)

ESTIMASI BIAYA KEPEMILIKAN DAN BIAYA OPERASI PENGUPASAN TANAH PENUTUP BERDASARKAN TARGET PRODUKSI PT MIFA BERSAUDARA KECAMATAN MEUREBO, KABUPATEN ACEH BARAT (ANJAS ASMORO, 2018)

ANALISI KEMIRINGAN JALAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA KEGIATAN PENGUPASAN OVERBURDEN DI PT. MIFA BERSAUDARA, MEULABOH, ACEH BARAT (Tiara Mentari Nafsya, 2017)

KAJIAN BIAYA KEGIATAN REHANDLING DAN COAL CRUSHING DI SATUAN UNIT COAL CRUSHING PLANT (CCP) TAMBANG BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA, MEULABOH, ACEH BARAT (Muhammad Firdaus, 2018)

IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP SISTEM OPERASIONAL DI AREA FIX CRUSH 01 (FC01) PT. MIFA BERSAUDARA – MEULABOH ACEH BARAT (Hanapi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy