//

ANALISIS PENYEBARAN MASJID DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sophi Widia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Visi Kota Banda Aceh yaitu Kota Banda Aceh Model Kota Madani. Visi ini berpengaruh pada ketersediaan fasilitas masjid yang mencukupi untuk seluruh Kota Banda Aceh. Berdasarkan Data Lokasi Tempat Ibadah Kota Banda Aceh terdapat 96 masjid di Kota Banda Aceh. Salah satu cara untuk mengetahui apakah masjid mencukupi untuk seluruh Kota Banda Aceh adalah dengan memperhitungkan cakupan masjid terhadap jumlah penduduk yang termasuk dalam cakupan tersebut. Sistem Informasi Geografis dapat membantu perhitungan cakupan masjid yaitu dengan metode Buffering dan Service Area. Dalam penelitian ini, jarak cakupan masjid yang digunakan adalah berdasarkan jarak ideal jangkauan pejalan kaki pada SNI(Standar Nasional Indonesia) yaitu 400 meter. Kemudian dilakukan survei terhadap daya tampung jamaah tiap masjid untuk menghitung nilai persentase rasio daya tampung terhadap jumlah penduduk yang tercakup. Berdasarkan hasil survei daya tampung jama’ah masjid, masjid dengan daya tampung terbesar adalah Masjid Agung Al-Makmur. Dilakukan analisis dengan menggunakan metode Service Area maupun Buffering pada tiap masjid di Kota Banda Aceh, dan dihitung jumlah penduduk dalam area cakupan masing-masing metode. Hasil dari analisa didapatkan bahwa masjid tersebar secara merata di setiap mukim tetapi kebanyakan masjid tidak mencukupi penduduk yang berada dalam cakupannya. Metode Service Area lebih efektif dalam penentuan cakupan masjid terhadap pemukiman penduduk dikarenakan Service Area mencakup semua jalan-jalan diakses sedangkan Buffering tidak. Kata kunci : Masjid, Pemukiman, Daya Tampung, Service Area, dan Buffering

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MASJID DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (REZEKI MAULANA, 2018)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENDATAAN LOKASI TEMPAT WISATA KULINER DI KOTA BANDA ACEH (ICHWANUL HAKIM, 2018)

ANALISIS PENYEBARAN MASJID DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Sophi Widia, 2017)

ANALISA PERBANDINGAN LIBRARY RETROFIT DAN VOLLEY PADA APLIKASI MASJID BERBASIS ANDROID (Khalid Farhan, 2018)

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS(SIG) TEMPAT LAYANAN KESEHATAN DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CI (DEDI SAPUTRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy