//

PERAN STRATEGIS PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM MELAKUKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DI BANDA ACEH (Suatu Kajian Di Dewan Pimpinan Daerah PKS Kota Banda Aceh)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iqbal - Personal Name
SubjectPOLITICAL PARTIES
POLITICS - EDUCATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK MUHAMMAD IQBAL PERAN STRATEGIS PARTAI KEADILAN 2013 SEJAHTERA (PKS) DALAM MELAKUKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DI BANDA ACEH (Suatu Kajian Di Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kota Banda Aceh ) (viii-73), pp, bibl,app, Tabl. (Zainal Abidin SH, M.Si dan Effendi Hasan MA) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan partai berbasis kader yang fokus pada proses pengkaderan dalam membangun partai. PKS sangat berperan penting dalam melakukan proses pendidikan politik terhadap masyarakat terutama generasi muda guna meningkatkan pemahaman, kemampuan dan partisipasi generasi muda dalam menghadapi dinamika sosial dan politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran strategis PKS dalam melakukan pendidikan politik bagi pemilih pemula, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan PKS Kota Banda Aceh serta kendala-kendala yang PKS Kota Banda Aceh dalam melakukan pendidikan politik bagi pemilih pemula di Kota Banda Aceh. Data penulisan skripsi didapatkan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk mendapatkan data sekunder dengan cara mengkaji buku-buku, dan bahan-bahan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan untuk mendapatkan data primer yang dilakukan dengan cara mewawancarai responden dan informan. Hasil penelitian menunjukkan PKS Kota Banda Aceh memaksimalkan fungsi Badan Generasi Muda dan Profesi (GMPRO) dalam melakukan proses pendidikan politik terhadap generasi muda dan pemilih pemula. GMPRO baik secara mandiri maupun bermitra dengan lembaga lain mengoptimalkan perannya dalam melakukan pendidikan politik bagi pemilih pemula melalui berbagai kegiatan seminar, pelatihan dan diskusi dengan skala tertentu. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan PKS dalam melakukan pendidikan politik bagi pemilih pemula diantaranya adalah selain dengan adanya GMPRO juga didukung oleh proaktif pemilih pemula yang terlibat, pendanaan, dukungan publik serta dengan memaksimalkan konsolidasi ditingkat eselon kepemimpinan. Adapun kendala yang dihadapi PKS Kota Banda Aceh diantaranya adalah isu negatif akibat kasus mantan presiden PKS Lutfi Hasan Ishaq, partisipasi pemilih pemula yang sedikit, serta keterbatasan SDM dan fasilitas yang memadai. Disarankan kepada DPD PKS Kota Banda Aceh dan seluruh pelaku pendidikan agar memaksimalkan perannya dalam melakukan pendidikan politik bagi pemilih pemula. Kata kunci: Partai Keadilan Sejahtera (PKS), pendidikan politik, pemilih pemula.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS VOTING BEHAVIOR DI KALANGAN PEMILIH PEMULA PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH 2017 (Syifa Uddin, 2018)

POLA KOMUNIKASI POLITIK ILLIZA SA'ADUDDIN DJAMAL MENJELANG PILKADA SERENTAK ACEH TAHUN 2017 (PENELITIAN TERHADAP DUKUNGAN DARI PARTAI POLITIK) (Nina Maulidia Rizka, 2018)

STRATEGI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMENANGAN KURSI LEGISLATIF DPRA PADA PEMILU TAHUN 2014 (SUATU KAJIAN: DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Muhajir, 2014)

PERILAKU POLITIK PEMILIH PEMULA PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017 (Agung Putra Perdana, 2018)

SOSIALISASI POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS KECAMATAN LUENG BATA BANDA ACEH) (M Teguh Wibowo, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy