//

ANALISIS KETAHANAN PANGAN (TANAMAN PADI) PADA WILAYAH YANG TERKENA BANJIR DIKECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rika Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan Penelitian untuk menganalisis Ketahanan pangan di wilayah yang terkena banjir di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya dan juga untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan (tanaman padi) yang terkena banjir di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif analitik dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang ditujukan pada masyarakat yang terkena banjir. Total sampel pada penelitian ini adalah 75 responden,. Sebanyak 60 responden dari 4 desa di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya, yaitu: masing-masing 15 responden dari Desa Panggong, 15 responden dari Desa Buntha, 15 responden Desa Datar Luas, dan 15 responden Desa Padang Datar dan 15 responden dari dinas terkait. Berdasarkan pada hasil analisa yang dilakukan terhadap variabel ketahanan pangan (tanaman padi) terkena banjir di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya maka tingkat ketahanan pangan di wilayah yang terkena banjir di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya adalah tinggi (nilai determinasi R=99.8% dan korelasi sebesar R2=99.5%). Selanjutnya hasil analisis terhadap faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan (tanaman padi) di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya yaitu faktor fisik (X1), faktor non fisik (X2) dan faktor pendukung (X3), menunjukan bahwa faktor yang berpengaruh dominan secara berurutan adalah 1) faktor pendukung (X3) yaitu sebesar (47%), 2) faktor non fisik (X2) yaitu sebesar (29.4%), dan 3) faktor fisik (X1) yaitu sebesar (20%). Kata kunci: Ketahanan pangan, Padi, banjir.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA ULEE LHAT KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (TAUFIQURRAHMAN, 2015)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (INDA AMALIA, 2016)

KONVERSI LAHAN SAWAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRODUKSI PADI DAN POLA KERJA PELAKU KONVERSI DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (cut ardelina miranda, 2014)

EVALUASI KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA MIN DAYAH BARO KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (JAMALUDDIN, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy