//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risa Handayani - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Risa Handayani (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus diberikan kepada peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun berdasarkan tes awal yang diberikan, kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih rendah. Model pembelajaran Treffinger merupakan salah satu model yang menangani masalah kreativitas secara langsung dengan melibatkan keterampilan kognitif maupun afektif. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di tiga SMP kota Banda Aceh, belum tersedia perangkat pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Treffinger maupun model pembelajaran yang menuntut siswa dalam berpikir kreatif lainnya. Maka diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kevalidan diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai sangat valid dan kesepakatan antar validator yang mencapai kategori baik untuk RPP, LKPD, THB,dan materi ajar. Kepraktisan terlihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 93%, dan hasil analisis respon guru mencapai kategori sangat baik. Selanjutnya keefektifan terlihat pada hasil respon positif peserta didik diperoleh persentase 89,5% dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada indikator kelancaran mencapai 97,7%, indikator keluwesan mencapai 86,7%, dan indikator keaslian mencapai 23,5%, sehingga kemampuan berpikir kreatif berada pada tingkat 3 (kreatif). Oleh karena itu, perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: perangkat pembelajaran, Model pembelajaran Treffinger, Kemampuan berpikir kreatif matematis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH (Siti Sara, 2018)

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Isnaini, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING)-HEURISTIK (USWATUL HUSNA, 2018)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Rika Silviani, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CHALLENGE BASED LEARNING (HAYATUN NUFUS, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy