//

PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VSD NEGERI 69 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elly Armanusah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Armanusah, Elly. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dra. Monawati, M. Pd (2) Dra. Alfiati Syafrina, M. Pd Kata kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar Pemanfaatan perpustakaan adalah proses atau cara untuk mendapatkan hasil dengan mempergunakan secara optimal sarana yang ada di perpustakaan dengan cara tertentu untuk digunakan oleh siswa dan guru sebagai sumber informasi dalam rangka menunjang program belajar mengajar di sekolah guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini berupaya untuk melihat Apakah terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 62 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh yang ditunjukkan oleh Fhitung >Ftabel pada taraf signifikansi 1% yaitu 10,890 > 7,08 dan persamaan regresi Y ̂ = 68,327+ 0,224 (X) yang dapat memprediksi naik turunnya nilai prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakaan dapat dilihat dari nilai rxy = 0,426, rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,364 artinya pemanfaatan perpustakaan memberikan kontribusi sebesar 18,2%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FISIKA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 46 KOTA BANDA ACEH (Julia Saputri, 2018)

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN FKIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN(FKIP) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (diska nadya, 2015)

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 16 BANDA ACEH (Aisyah Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy