//

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Suatu Penelitian Pada SD Negeri Simpang Keuramat Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ikhlas Maulidan - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
COMMUNICATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Siswa”. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah sejauh mana hubungan komunikasi interpersonal orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tabel tunggal dan uji hipotesis melalui rumus Koefisien Korelasi Product Moment dan uji t dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 13,0. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas I sampai dengan siswa kelas VI SD Negeri Simpang Keuramat Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 56 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. Hal ini disebabkan oleh nilai r > 0,466 berarti ada hubungannya, lalu nilai r bertanda plus (+) berarti hubungannya positif. Selanjutnya, untuk melihat tingkat signifikannya dapat dilihat pada skala Guilford, di mana nilai rhitung berada pada kisaran 0,40-0,70 yang menandakan hubungan yang cukup berarti. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung adalah sebesar 3,78 > dan nilai ttabel pada α= 5% pada uji 1 sisi diketahui sebesar 1,674, berarti terdapat hubungan yang signifikan dan positif. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar Siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA IBU DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI 1 SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (Winda Sari, 2016)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG DITERAPKAN USTADZ DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANAR ACEH BESAR (Ashabul Yamin Asgha, 2015)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBINAAN MORAL REMAJA DI SEKOLAH (STUDI TERHADAP GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 8 DARUSSALAM BANDA ACEH) (Fahmi Ramadhan, 2018)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK (SUATU STUDI DI SD NEGERI LAMREH ACEH BESAR) (Afnul Gunawan, 2014)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Firdaus, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy