//

KEPADATAN POPULASI DAN STRUKTUR UMUR KERANG Batissa sp DALAM KAWASAN SUNGAI KRUENG MANE KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elsa Bunga Dayanti - Personal Name
SubjectMOLLUSCA
SHELLS (ANIMALS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Kepadatan Populasi, Struktur Umur, Kerang Batissa sp., Sungai Krueng Mane. Penelitian tentang “Kepadatan Populasi dan Struktur Umur Kerang Batissa sp dalam Kawasan Sungai Krueng Mane Kabupaten Aceh Utara” telah dilaksanakan pada bulan Maret s.d Juli 2013. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 25 Juni sampai 9 Juli 2013 di empat stasiun pengamatan yaitu hulu sungai (Stasiun I), kawasan tempat pengambilan pasir (Stasiun II), hilir sungai (Stasiun III), dan muara sungai (Stasiun IV). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kepadatan populasi kerang Batissa sp dan (2) Untuk mengetahui struktur umur kerang Batissa sp di kawasan Sungai Krueng Mane, Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan rumus kepadatan. Hasil yang diperoleh adalah kepadatan kerang Batissa sp. di Stasiun I yaitu 7 ind/m2, Stasiun II yaitu 3 ind/m2, Stasiun III yaitu 4 ind/m2, dan di Stasiun IV 2 ind/m2. Struktur umur berdasarkan panjang cangkang yang diperoleh berkisar antara 4 bulan 15 hari sampai 17 bulan 15 hari, didominansi oleh umur 13 bulan sampai 14 bulan 15 hari dengan 34 individu. Kesimpulannya kepadatan Batissa sp di Perairan Krueng Mane adalah 2 sampai 7 ind/m2 dan struktur umur diperoleh berkisar 4 bulan 15 hari sampai 17 bulan 15 hari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KANDUNGAN LOGAM MERKURI PADA KERANG BATISSA VIOLACEA LAMARCK DAN SEDIMEN DI SUNGAI RASIAN ACEH SELATAN (Fini Kumitha Sari, 2015)

KEPADATAN POPULASI DAN TINGKAT EKSPLOITASI KERANG NIPAH (POLYMESODA EROSA) DI KAWASAN PERAIRAN GAMPONG TEUNGOH, KECAMATAN SAMATIGA, KABUPATEN ACEH BARAT (ANGGI WIDYANZA V, 2018)

KEPADATAN POPULASI DAN POLA PENYEBARAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) DI ZONA LITORAL DANAU LAUT TAWAR KAWASAN KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH (Rianita, 2017)

POPULASI UDANG DI KAWASAN MANGROVE KUALA KEUDE KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Safrina, 2015)

KANDUNGAN MERKURI PADA TUMBUHAN PAKU SAYUR (DIPLAZIUM ESCULENTUM) DI KAWASAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Munawir Annasri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy