//

KETERLIBATAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK AGAMA DI ACEH SINGKIL (STUDI KASUS PADA FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI ACEH SINGKIL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Darniati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penghambat serta keterlibatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menyelsaikan konflik. Penelitian ini menggunakan teori peran (role theory) yang dikemukakan oleh Fisher. Ide dasar dari teori peran berasal dari dunia teater, dimana para aktor dan artis berperan sesuai dengan harapan penontonnya. Suatu peran dapat dipelajari individu sebagai suatu pola perilaku ketika individu menduduki suatu peran tertentu dalam sistem sosial. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan yang memenuhi kriteria subjek penelitian, serta relevan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Faktor terjadinya konflik yang ada ditengah-tengah antar umat bukanlah didasari karena adanya prilaku intoleran antar umat melainkan adanya kesalahpahaman dan adanya faktor kepentingan dalam membesar-besarkan permasalahan/isu sara. Keterlibatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menyelesaikan konflik yaitu dengan memberikan sosialisasi, komunikasi dan dialog mengenai kerukunan antar umat beragama dan mewujudkan kehidupan yang harmonis antar umat. Menciptakan kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat diperlukan berbagai upaya pembinaan melalui s¬¬¬¬arana yang dilakukan oleh elemen masyarakat. Komunikasi dengan berbagai bentuknya yang dilakukan oleh organisasi atau wadah sosial keagamaan, peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dapat menjadi mediator dan motor penggerak untuk merealisasikan terciptanya kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk menciptakan dan membina kerukunan umat beragama melalui organisasi sosial diperlukan bentuk komunikasi yang benar efektif, tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kata kunci: Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Konflik, Aceh Singkil

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JURNALISME DAMAI DALAM MEWUJUDKAN KERUKUNAN UMMAT BERAGAMA (ANALISIS ISI BERITA PEMBAKARAN GEREJA DI ACEH SINGKIL DALAM HARIAN WASPADA) (Raihan Nusyur , 2016)

ANALISIS KUALITAS PERAIRAN BERDASARKAN PARAMETER LOGAM CU DAN CD PADA SEDIMEN DI SUNGAI SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Saidin Isnaini Anak Ampun, 2018)

KONTRADIKTIF KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH SINGKIL TENTANG IZIN PENDIRIAN GEREJA (STUDI KASUS : DESA SUKA MAKMUR, KECAMATAN GUNUNG MERIAH) (Ali Akbar, 2018)

INTERPRETASI PRINSIP KEBEBASAN BERAGAMA BERDASARKAN SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA (SUATU ANALISIS DENGAN PENDEKATAN ORIGINAL INTENTS INTERPRETATION) (Nauval Pally Taran, 2016)

HUBUNGAN SOSIAL ANTAR UMAT BERAGAMA DI KABUPATEN ACEH TENGGARA (Yusup , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy