//

PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GOOGLE SKETCHUP DI KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ratna Dewi - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD), Software Google SketchUp, Alat Peraga, Sudut dalam Ruang. Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, siswa seringkali merasa kesulitan bahkan cenderung tidak menyenangi matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah pada materi dimensi tiga khususnya materi sudut dalam ruang karena keabstraan materi. Dengan menggunakan media sekaligus model pembelajaran, diharapkan hasil belajar siswa dapat mengalami peningkatan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan software Google SketchUp dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan alat peraga pada materi dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Adapun sampel yang diteliti diambil dua kelas secara purposif sampling yaitu siswa kelas X2 yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan software Google SketchUp dan siswa kelas X3 yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pre experiment design dengan jenis pre-test dan post-test group. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05, dengan mula-mula menguji homogenitas dan normalitas data. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan software Google SketchUp dan siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan alat peraga pada materi dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Rata-rata nilai hasil post-test siswa kelas X2 = 62,52 dan kelas X3 = 56,39, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas X2 dengan software Google SketchUp lebih tinggi dari kelas X3 yang diajarkan dengan alat peraga.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GOOGLE SKETCHUP DI KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ratna Dewi, 2014)

HUBUNGAN PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) DENGAN PERUBAHAN PRANATA PENDIDIKAN DI KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (Zulia Sukanti, 2017)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (FAISAL, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN PERAIRAN LAUT YANG MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLERNEARTH DENGAN PETA KONVENSIONAL SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (HUSNA DIAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy