//

ANALISIS PENDAPATAN USAHA SAPI PERAH PADA PT. AGRO LESTARI SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Zulfahmi “Analisis Pendapatan Usaha Sapi Perah Pada PT. Agro Lestari, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar”. Di Bawah Bimbingan Bapak Dr . Ir Romano, M.P. Tugas Akhir ini bertujuan memperoleh ketrampilan dan pengalaman kerja dalam bidang peternakan khususnya pada Analisis Pendapatan Usaha Sapi Perah Pada PT. Agro Lestari. Pelaksanaan Tugas Akhir ini pada tanggal 4 Januari sampai dengan tanggal 3 Maret 2017 di peternakan sapi perah PT. Agro Lestari, Saree, Aceh Metode dasar yang di gunakan dalam Tugas Akhir ini Observasi Wawancara, Magang dan Studi Pustaka. Sedangkan pengambilan lokasi Tugas Akhir adalah secara sengaja. Dipilih pada PT. Agro Lestari, Saree. Untuk tempat tugas akhir hanya 1 ekor sapi yang beproduksi. Sapi perah adalah suatu jenis sapi yang dipelihara dengan tujuan untuk menghasilkan susu. Terdapat beberapa bangsa sapi perah yaitu Ayrshire, Guernsey, Jersey dan Friesian Holstein (FH) (Blakely dan Bade, 1995). Sapi-sapi perah di Indonesia dewasa ini pada umumnya adalah sapi perah bangsa FH import dan turunannya. Kemampuan berproduksi susu dari sapi FH bisa mencapai 5.984 kg tiap laktasi dengan kadar lemak susu rata-rata 3,7%, standar bobot badan pada sapi betina dewasa 650 kg, sedangkan pada sapi jantan dewasa 700-900 kg Sapi Friesian Holstein (FH) yang mempunyai ciri-ciri antara lain warnanya hitam berbelang putih, kepala berbentuk panjang, lebar dan lurus, tanduk relatif pendek dan melengkung ke depan, temperamen tenang dan jinak (Siregar, 1993). Tahap – tahap dalam proses pemeliharaan unit usaha sapi perah yaitu meliputi persiapan bahan dan alat, pemelihan bibit sapi perah, perkandangan, pemberian pakan ternak, pengendalian penyakit, sanitasi kandang, penanganan limbah. Pemeliharaan dan pemerehan susu. Pendapatan yang di peroleh unit usaha sapi perah di PT. Agro Lestari untuk pemeliharaan nyan 8 ekor sapi perah Rp 75.688.917 maka unit usaha sapi perah perah tidak layak di usahakan.Unit usaha sapi perah di PT.Agro Lestari memiliki nilai R/C Ratio sebesar 1.4 dan BEP produksi 6.117 liter dan BEP harga sebesar Rp. 31.540/liter. Dan total produksi daging .2.446 kg dengan BEP harga sebesar 159.297/kg

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN PEMELIHARAAN INDUK LAKTASI DI PETERNAKAN SAPI PERAH PADA PT. AGRO LESTARI SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (MUHAMMAD RUSNANDA, 2017)

KAJIAN KONDISI FAALI SAPI PERAH PERANAKAN FRIES HOLLAND (PFH) DI PETERNAKAN RAKYAT DESA SUKA MULYA KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI ACEH (Muhammad Junaidi, 2016)

ANALISIS PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHA PEMELIHARAAN AYAM RAS PETELUR PADA UPTD BALAI TERNAK NON RUMINANSIA (BTNR) SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Agus Saputra, 2017)

OBSERVASI PERFORMAN TUBUH SAPI PFH DARA YANG MENDAPAT PERLAKUAN PAKAN LOKAL DI DESA SUKA MULYA, KEC. LEMBAH SEULAWAH, SAREE-ACEH BESAR (Athaillah, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN DURIAN SECARA SAMBUNG PUCUK PADA UPTD BALAI BENIH HORTIKULTURA SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (KHAIDIR BASYIR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy