//

PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Afnita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Afnita,Putri.. 2017. Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di SD Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Hasmiana Hasan, M.Si., (2) Anjar Candrawati, S.Pd., M.Ed. Kata kunci : Pelaksanaan, Pendidikan Inklusi. Dalam konteks persoalan tentang pendidikan Inklusi, yang dilakukan oleh guru adalah Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di SD Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Bagaimana pelaksanaan pendidikan Inklusi di SD Negeri 3 Banda Aceh. apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan inklusi untuk di SD Negeri 3 Banda Aceh dan apa saja usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan inklusi untuk di SD Negeri 3 Banda Aceh?. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Inklusi di SD Negeri 3 Banda Aceh. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan inklusi untuk di SD Negeri 3 Banda Aceh dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan inklusi untuk di SD Negeri 3 Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik wawancara, Subjek dalam penelitian adalah 6 orang guru di SD Negeri 3 Tiga Banda Aceh. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan anlisis data kualitatif yaitu reduksi data, model data (Data Display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan guru kelas memiliki kemampuan yang tergolong baik dalam pelaksanaan pendidikan inklusi, namun masih mengalami kesulitan-kesulitan dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Kesulitan-kesulitan tersebut tidak sepenuhnya berasal dari guru, sebagian kesulitan-kesulitan tersebut timbul karena siswa yang berkebutuhan khusus berbeda pemahamannya dengan siswa reguler. Sehingga ABK sulit dalam menerima pembelajaran, karena ada sebagian pembelajaran tidak sesuai dengan kemampuannya. Permasalahan yang muncul terkait pelaksanaan inklusi adalah terkait dengan guru, siswa, orangtua, sekolah, masyarakat, pemerintah dan kurangnya sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan sekolah inklusi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI 25 BANDA ACEH (Ratna Dewi, 2019)

MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIRNDI SEKOLAH DASAR NEGERI 32 KOTA BANDA ACEH (Ery Wati, 2014)

MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT PADA SEKOLAH INKLUSI KABUPATEN BIREUEN (NURAIDAR, 2018)

IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI PADA SD NEGERI 57 BANDA ACEH) (Nurraida, 2019)

PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Mawaddah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy