//

PENGAMANAN DAN PEMANTAUAN PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS ANDROID DAN FIREBASE SEBAGAI WEB SERVICE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SARAH RAHMANY - Personal Name
SubjectCOMPUTER APPLICATIONS (ANDROID)
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Banyaknya pemakai kendaraan bermotor di Indonesia menyebabkan tingkat kejahatan pencurian kendaraan bermotor menjadi tinggi. Berdasarkan data dari Polda Aceh, terdapat 1.213 kasus pencurian kedaraan bermotor di Provinsi Aceh selama tahun 2016. Oleh karena itu diperlukan pengawasan terhadap kendaraan bermotor, salah satunya dengan memanfaatkan ponsel pintar berbasis Android. Dengan memanfaatkan ponsel pintar berbasis Android, aplikasi pengamanan dan pemantauan pencurian kendaraan bermotor dapat dibangun dengan fitur utamanya yaitu dapat melihat dimana letak kendaraan bermotor pengguna melalui map serta pengguna akan mendapatkan notifikasi apabila kendaraan bermotornya menjauh darinya dan fitur lainnya seperti memberi tahu teman dan polisi terdekat. Aplikasi yang diberi nama CamelTracker ini dikembangkan dengan metode pengembangan perangkat lunak Agile, karena metode ini sangat efektif untuk pengembangan aplikasi yang lebih cepat. Terdapat tiga pengujian dalam aplikasi ini. Pengujian pertama adalah pengujian aplikasi. Pengujian ini dilakukan untuk menguji kelayakan aplikasi apabila digunakan pada beberapa daerah umum, salah satunya di Universitas Syiah Kuala dan di kafe yang berada di Lampineung, Banda Aceh. Dari pengujian ini didapatkan bahwa aplikasi dapat digunakan sesuai dengan yang diharapkan, serta fitur tambahan juga dapat digunakan. Pengujian kedua yaitu pengujian akurasi jarak apabila menggunakan altitude dan tidak menggunakan altitude. Pengujian ini didapatkan bahwa percent error jarak menggunakan altitude adalah 24.24% untuk di dalam ruangan dan 14.94% untuk di luar ruangan sedangkan percent error jarak tanpa menggunakan altitude adalah 26.55% untuk di dalam ruangan dan 20.55% untuk di luar ruangan. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa jarak yang menggunakan altitude memiliki akurasi lebih tinggi daripada jarak yang tidak menggunakan altitude. Pengujian yang ketiga adalah pengujian response time aplikasi terhadap Firebase sebagai web service. Dalam pengujian didapatkan hasil bahwa rata-rata response time aplikasi adalah 2.15, dan itu merupakan response time yang sesuai untuk aplikasi pada ponsel pintar. Kata kunci: Pencurian kendaraan bermotor, Ponsel pintar Android, Agile

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN APLIKASI PERHITUNGAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS ANDROID (Silvia Marselina, 2016)

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI SERVICE-ORIENTED ARCHITECTURE (SOA) DENGAN WEB SERVICE RESTFUL DALAM PERANCANGAN APLIKASI CLAPOIS BERBASIS ANDROID (Cut Dirayati Safira, 2016)

KONFIGURASI RWEB PADA WEB SERVER APACHE UNTUK APLIKASI PEMBELAJARAN STATISTIC (RWIKISTAT) BERBASIS ANDROID (IQBAL JUWANDA, 2019)

PEMBUATAN APLIKASI LOKASI RUMAH SAKIT DAN UNIT GAWAT DARURAT (UGD) BERBASIS ANDROID DI KOTA BANDA ACEH (IQBAL, 2017)

PEMBUATAN APLIKASI PENCATAT PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK PADA KWH METER BERBASIS ANDROID PHONEGAP (oki syamrizal, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy