//

GAMBARAN SKEMA OKLUSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH ANGKATAN 2007-2010

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SASKY MS RAHMAN - Personal Name
SubjectOCCLUSION DISORDERS - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Skema oklusi merupakan bentuk atau susunan oklusal dan insisal gigi natural dan tiruan. Berdasarkan penelitian terdapat tiga konsep oklusi fungsional yaitu, canine protected, group function dan balanced occlusion. Canine protected termasuk salah satu skema oklusi yang paling baik. Pada skema oklusi ini sisi kaninus berperan sebagai pelindung gigi posterior pada gerakan lateral mandibula, kecuali pada saat iterkuspal maksimal. Jenis penelitian ini adalah survei deksriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran skema oklusi pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Unsyiah Angkatan 2007-2010. Subjek diambil dengan cara purposif sampling dan diperoleh berdasarkan pemeriksaan klinis sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil penelititan ini ditemukan dari 62 orang subjek penelitian diperoleh bahwa 23 orang ( 37 % ) memiliki tipe oklusi canine protected, 30 orang ( 48 % ) memiliki tipe oklusi group function dan 9 orang ( 15 % ) memiliki kedua tipe oklusi tersebut. Tipe oklusi group function merupakan skema oklusi yang paling sering ditemukan terutama pada kelompok umur 20 tahun.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN SKEMA OKLUSI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNSYIAH ANGKATAN 2011-2014 YANG MEMILIKI AKTIVITAS PARAFUNGSI (BRUXISM) (Novia Lestari, 2015)

GAMBARAN AKUMULASI PLAK MAHASISWI PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MEMAKAI RNPIRANTI ORTODONTI CEKAT RNANGKATAN 2007-2010 (Nurmasyitah Iskandar Putri, 2014)

GAMBARAN KEHILANGAN GIGI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2007-2010. (Teuku Zulfahmi Rizki, 2015)

GAMBARAN SKEMA OKLUSI PADA SUBJEK DENGAN KEBIASAAN MENGUNYAH SATU SISI (NAURA SAJIDA, 2015)

GAMBARAN AKTIVITAS PARAFUNGSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Rizki Handayani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy