//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA ACEH DALAM IKLAN KOMERSIAL DI RADIO MEUGAH FM DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELI KONSUMEN (STUDI TERHADAP MASYARAKAT GAMPONG MERDUATI KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iqbal - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul ”Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Bahasa Aceh Dalam Iklan Komersial Di Radio Meugah FM Dan Hubungannya Dengan Minat Beli Konsumen (Studi Terhadap Masyarakat Gampong Merduati Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh)”. Penelitian yang bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat Gampong Merduati terhadap penggunaan bahasa Aceh dalam iklan komersial di Radio Meugah FM dan hubungannya dengan minat beli konsumen. Penelitian ini berjenis eksplanatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Merduati dengan jumlah 1075 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei melalui instrumen kuesioner kepada 91 responden yang diambil berdasarkan rumus Slovin dengan presisi 10%. Teknik analisis data yang digunakan adalah tabel distribusi frekuensi, uji korelasi Product Moment, dan uji hipotesis. Hasil dari analisis koefisien korelasi Product Moment Method diperoleh nilai r = 0,466. Berdasarkan pedoman skala Guilford bahwa nilai r = 0,466 berada pada skala 0,40 – 0,70 dengan menunjukkan hubungan yang cukup berarti antara persepsi masyarakat Gampong Merduati terhadap penggunaan bahasa Aceh dalam iklan komersial di Radio Meugah FM dengan minat beli konsumen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,971 dan nilai ttabel pada α = 0,05 pada uji 2 sisi diketahui sebesar 1,987. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika thitung > ttabel yaitu 4,971 > 1,987 maka Ha diterima atau korelasi dua variabel signifikan. Dapat dinyatakan bahwa variabel persepsi masyarakat Gampong Merduati terhadap penggunaan bahasa Aceh dalam iklan komersial di Radio Meugah FM berhubungan dengan minat beli konsumen yang positif dan signifikan dengan keputusan membeli siswa masyarakat, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Bahasa Aceh, Minat Beli.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM IKLAN RADIO MEUGAH 95.3 FM BANDA ACEH (IRAHUL AFDAR, 2015)

EFEKTIVITAS IKLAN RADIO BERBAHASA ACEH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI PADA RADIO MEGAH FM KOTA BANDA ACEH) (Mulkan Nazir, 2017)

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM IKLAN BERBAHASA ACEH PADA SIARAN RADIO DI BANDA ACEH (Asmaita, 2013)

PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI STORE BRAND DENGAN PERSEPSI KUALITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK STORE BRAND INDOMARET DI BANDA ACEH (Nurul Hildayani, 2017)

HUBUNGAN IKLAN KOSMETIK WARDAH DI TELEVISI DENGAN MINAT BELI KONSUMEN (STUDI TERHADAP MAHASISWI PROGRAM STUDI DIPLOMA III SEKRETARI FAKULTAS EKONOMI UNSYIAH) (Hermin Astuti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy