//

STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT PENGOLAHAN IKAN DI GAMPONG MEUNASAH KEUDEE KRUENG RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang QHISTHINA ATIKAH - Personal Name
SubjectFISHERIES - PRODUCTS
FISHERIES - PRODUCTION ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas program Study Magister Agribisnis Fak. Pertanian Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Unit pengolahan ikan (UPI) merupakan suatu usaha yang ada di Gampong Meunasah Keudee yang yaitu usaha mengolah ikan segar menjadi ikan olahan kering, yang sudah dilakukan sejak turun temurun oleh masyarakat Gampong Meunasah Keudee. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) prospek pengembangan unit pengolahan ikan ditinjau dari aspek bahan baku, aspek finansial dan aspek pasar. 2) Menyusun strategi pengembangan unit pengolahan ikan/teri Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitan unit pengolahan ikan layak (menguntungkan) dengan Revenue Cost Ratio 1,21. Walaupun layak, namun pada musim-musim tertentu produksi tidak maksimal serta kendala cuaca yang dapat membuat pengrajin mengalami kerugian atau pulang pokok. Berdasarkan Analisis Matrik IE unit pengolahan ikan berada pada tahap tumbuh dan membangun (grow and build), walaupun usaha ini sudah lama dilakukan sejak turun tem urun namun keadaan sosial ekonomi atau kesejahteraan pengrajin tidak jauh berubah dari tahun ke tahun. Strategi yang perlu diterapkan oleh unit pengolahan ikan adalah strategi intensif (penetrasi pasar dan pengembangan produk) atau strategi integratif (integrasi ke depan). Dari hasil QSPM terpilih lima strategi prioritas secara berurut : 1) Menambah modal usaha dan asset (mini cold storage dan mesin engering), 2) Meningkatkan kapasitas pengrajin pengolahan ikan/teri (teknis, manajemen dan teknologi), 3) Melakukan diversifikasi, inovasi, pengembangan serta marketing, 4) Melakukan kerjasama dan kem itraan dengan akademisi dan stakeholders, serta 5) Memperluas pasar baik lokal, nasional, dan ekspor. Diharapkan kepada pengrajin unit pengolahan ikan untuk terus melanjutkan usaha pengolahan ikan maupun teri, diikuti dengan inovasi produk seperti pengem asan yang menarik, mendaftarkan merek dagang dan memberi label Halal. Kepada Pemerintah Daerah, Pemangku kepentingan dan pihak perguruan tinggi (akademisi) untuk dapat bekerjasama mengembangkan dan meningkatkan usaha pengolahan ikan yang berdaya saing sehingga taraf hidup pengrajin sejahtera. Kata kunci: Unit Pengolahan Ikan, Kelayakan Usaha, QSPM

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU WIRAUSAHA PEREMPUAN PENGOLAH IKAN DI DESA MEUNASAH KEUDEE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Maulidya Fakhriah Batubara, 2015)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MASYARAKAT NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN TERI DI GAMPONG KRUENG RAYA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Maulida, 2015)

ANALISIS PENENTUAN FAKTOR PREDIKTOR TINGKAT SKALA STIGMA EMIC (EXPLANATORY MODEL INTERVIEW CATALOGUE) TERMODIFIKASI TERHADAP KUSTA PADA MASYARAKAT GAMPONG MEUNASAH KEUDEE KECAMATAN MASJID RAYA ACEH BESAR (ikram, 2016)

KONTRIBUSI PDRB SUB SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TIMUR (FITRAH MAULANA BATU BARA, 2018)

IDENTIFIKASI ALAT BANTU PENANGKAPAN IKAN PADA BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG DAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (FACHRUROZI AMIR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy