//

DETEKSI CEMARAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA DAGING AYAM YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL ULEE KARENG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang VERLY JEFANNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian bertujuan mengetahui keberadaan dan tingkat pencemaran Staphylococcus aureus pada daging ayam yang dijual di pasar tradisional Ulee Kareng. Penelitian ini menggunakan 8 sampel daging pada bagian dada ayam yang diperoleh dari 8 pedagang daging ayam di pasar tradisional Ulee Kareng. 8 sampel dibagi menjadi 2 bagian, 4 sampel diperoleh pada pagi hari dan 4 sampel berikutnya diperoleh pada siang hari. Pengkoleksian sampel dilakukan selama 2 hari berturut-turut. Seluruh sampel yang telah diperoleh diidentifikasi untuk mengetahui keberadaan bakteri S. aureus dengan cara dibiakan dalam media spesifik Mannitol Salt Agar (MSA) dan dilakukan pemeriksaan tingkat cemaran bakteri menggunakan metode Total Plate Count (TPC). Hasil penghitungan bakteri S. aureus pada daging ayam di hari pertama menunjukkan angka dengan rata-rata 15,2x104 cfu/g (pagi hari) dan 13,9x104 cfu/g (siang hari), sedangkan pada hari kedua menunjukkan tingkat cemaran dengan rata-rata 17,7x104 cfu/g (pagi hari) dan 7,1x104 cfu/g (siang hari). Dapat disimpulkan bahwa tingkat cemaran bakteri S. aureus pada daging ayam yang dijual di pasar tradisional Ulee Kareng digolongkan tidak higienis dikarenakan melebihi nilai standar SNI-2897-2008.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RESISTENSI STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR ULEE KARENG BANDA ACEH TERHADAP ANTIBIOTIK (Suryani, 2018)

TOTAL CEMARAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA DAGING KEBAB (GRILLED MEATS) YANG DIJUAL DI BANDA ACEH (ARIFA NURZHAFIRA, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA KEUMAMAH YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO ACEH BESAR (Liza Ummamie, 2017)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Rizki Wulandari, 2015)

JUMLAH CEMARAN MIKROB PADA TELUR ASIN MENTAH YANG DIJUAL DI PASAR ULEE KARENG BANDA ACEH (Restia Dora, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy