//

ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN DANA ZAKAT PADA BAITUL MAL PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Afrida - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efisiensi pengelolaan dana zakat pada Baitul Mal Provinsi Aceh. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer berupa wawancara dengan orang orang penting pada lembaga tersebut dan dokumen keuangan yang diberikan oleh pihak Baitul Mal Aceh (BMA). Hasil dari penelitian ini ialah Pengelolaan dana zakat yang dilakukan oleh Baitul Mal Aceh pada tahun 2012-2015 belum efisien. Hal ini disebabkan oleh besarnya biaya gaji baik PNS ataupun non-PNS yang meningkat setiap tahunnya yang mengakibatkan bertambahnya pendapatan zakat, sedangkan penyaluran zakat belum optimal. Akibatnya penerimaan zakat di Aceh belum merata, masih banyak orang yang berhak menerima zakat belum mendapatkan bagiannya dikarenakan pengelolaan dana zakat yang dilakukan oleh baitul mal belum efisien. Rata-rata tingkat inefisiensi pengelolaan dana zakat periode 2012 -2015 pada Baitul Mal Aceh adalah sebesar 60,75%. Kata Kunci: Efesiensi, Pengelolaan Dana, Zakat, Baitul Mal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL ACEH DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI PROVINSI ACEH (Agya Dicky Oktriea, 2014)

ANALISIS KINERJA PENGELOLAAN ZAKAT DI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN INDEKS ZAKAT NASIONAL (IZN) (FUAD, 2019)

PENGARUH KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI, AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP TINGKAT PENERIMAAN DANA ZAKAT PADA BAITUL MAL PROVINSI ACEH (RITA HASNIDAR, 2016)

PERAMALAN REALISASI PENERIMAAN ZAKAT PADA BAITUL MAL ACEH MENGGUNAKAN MODEL ARIMAX (Rasyada Assakhiy, 2019)

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI RNINSTITUSI BERBASIS AGAMARN(STUDI PADA BAITUL MAL KABUPATEN ACEH BESAR) (Putriana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy