//

ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN PEDULI REMAJA (PKPR) DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novi Afrianti - Personal Name
SubjectADOLESCENTS - HEALTH
COMMUNITY - HEALTH SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Keperawatan Universita Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) merupakan program pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk remaja di puskesmas, dimana diharapkan mampu memberikan pelayanan paripurna kepada remajauntuk dapat mewujudkan "remaja sehat". Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa implementasi Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di Puskesmas Kota Banda Aceh 2016. Jenis penelitian mixed Method (kuantitatif dan kualitatif) dengan subjek penelitian adalah petugas PKPR di Puskesmas. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan observasi. Pengolahan dan analisis data menggunakan matriks rekapitulasi dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Puskesmas dalam pelaksanaan PKPR di puskesmas kota Banda Aceh masih berada pada kategori minimal atau hanya 1 dari 11 puskesmas yang mencapai kategori paripurna, dari lima standar nasional PKPR, standar jejaring dan manajemen kesehatan merupak standar yang memiliki pencapaian terendah (minimal). Keberhasilan implementasi PKPR pada Puskesmas dengan kategori Paripurna dilatarbelakangi oleh adanya kemauan dan kemampuan petugas PKPR dalam menjalankan program dengan niat membantu mengatasi permasalahan pada remaja. Diharapkan Dinas Kesehatan kota Banda Aceh dapat lebih serius dan aktif dalam pelaksanaan program PKPR dengan secara rutin dan berkesinambungan melakukan supervisi serta monitoring evaluasi terhadap program PKPR serta dapat mengalokasikan dana khusus untuk mendukung segala kegiatan yang ada dalam program PKPR.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI POLI GIGI RUMAH SAKIT UMUM SIGLI TAHUN 2014 (Katari Karlinda, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nadya Tasya, 2016)

HUBUNGAN HEALTH LOCUS OF CONTROL DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA (Naila Iffah, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN APOTEK DI PUSKESMAS JEULINGKE KOTA BANDA ACEH (Putri Winanda, 2015)

HUBUNGAN SUMBER ASURANSI KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUDRNDR.ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (zulfikar aidil arif, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy