//

AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL SENYAWA METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK n-HEKSANA BUNGA KAMBOJA PUTIH (Plumeria alba)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Issura - Personal Name
SubjectCHEMICAL ANALYSIS
PLUMERIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Uji aktivitas antimikrobial senyawa metabolit sekunder dari ekstrak n-heksana bunga kamboja putih (Plumeria alba) telah dilakukan. Hasil maserasi bunga kamboja putih dengan pelarut n-heksana menghasilkan ekstrak bewarna kuning dengan berat sebesar 21,06 g dengan rendemen ekstrak yaitu 2,78 %. Ekstrak n-heksana dipisahkan dengan Kromatografi Kolom Cair Vakum (KKCV) sehingga diperoleh 7 kelompok fraksi gabungan yaitu fraksi A (0,38 g), fraksi B (0,31 g), fraksi C (5,83 g), fraksi D (3,83 g), fraksi E (1,92 g), fraksi F (1,42 g), dan fraksi G (0,3 g). Ekstrak kasar dan fraksi-fraksi yang diperoleh diuji aktivitas antibakteri terhadap bakteri S. aureus dan E.coli dengan metode Kirby-Bauer menggunakan cakram dengan konsentrasi 1%, 10%, 20%, kontrol positif (kloramfenicol), dan kontrol negatif (n-heksana). Hasil uji aktivitas antimikrobial menunjukkan bahwa fraksi G memiliki potensi sebagai antimikrobial terhadap bakteri S.aureus dan E.coli dengan nilai zona hambat masing-masing pada kosentrasi 20% adalah 14,2 mm dan 9,1 mm. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa fraksi G mengandung senyawa golongan terpenoid. Kata Kunci : Kamboja putih (Plumeria alba), ekstrak n-heksana, aktivitas antimikrobial

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI FRAKSI AKTIF SITOTOKSIK EKSTRAK KULIT BATANG KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA) (Novia Rizqa Putri, 2018)

ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA ANTIBAKTERI DARI EKSTRAK ETIL ASETAT KULIT BATANG KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA) (Nurhayati, 2016)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERIAL EKSTRAK METANOL DARI TUMBUHAN KAMBOJA MERAH (PLUMERIA ROCEA) (Nizar Mauliza, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK N-HEKSANA, ETIL ASETAT DAN METANOL BUNGA CEMPAKA PUTIH (MAGNOLIA ALBA) TERHADAP STAPHYLOCOCCUS EPIDERMIDIS DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Soraya Septiya, 2016)

ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK BUNGA CEMPAKA PUTIH (MICHELIA ALBA D.C.) (Irma Suryani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy