//

Low Hemoglobin Density (LHD) Sebagai Prediktor Status Besi pada Penderita Anemia Defisiensi Besi dan Anemia Penyakit Kronis

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mawaddah Fitria - Personal Name
SubjectHEMOGLOBIN DISORDERS - MEDICINE
ANEMIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Anemia defisiensi besi (ADB) merupakan anemia yang paling banyak dijumpai. Untuk menentukan ADB diperlukan pemeriksaan laboratorium yang mahal dan invasif seperti besi serum, total iron binding capacity, serum feritin dan besi sumsum tulang. LHD merupakan formula baru menggunakan parameter MCHC dapat dipakai sebagai prediktor status besi pada ADB. Tujuan: Untuk menilai LHD antara ADB dan anemia penyakit kronis (APK). Bahan dan Cara: Penelitian potong lintang di poliklinik dan ruang rawat Penyakit Dalam, ruang hemodialisis RSUZA Banda Aceh dari bulan Juni 2013 hingga Nopember 2013. Dilakukan pemeriksaan darah rutin, besi serum, total iron binding capacity, feritin. Pasien dikelompokkan menjadi ADB dan APK sesuai kriteria Kerlin et al. Dinilai LHD setiap kelompok. LHD (%) = 100* √1-(1/(1+e1,8(30-MCHC) )). Hasil: Total 30 orang sampel diperoleh rerata nilai LHD pada kelompok ADB 84±23,3% dan APK 10,4±10,7% (p = 0,000). Analisa ROC dari LHD untuk mendeteksi ADB dengan area under the curve 0,998, titik pemilah 39,1%, sensitivitas 93,3% dan spesifisitas 100%. Kesimpulan: LHD dapat digunakan sebagai prediktor status besi pada ADB dan APK dengan titik pemilah LHD untuk ADB adalah 39,1%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LOW HEMOGLOBIN DENSITY (LHD) SEBAGAI PREDIKTOR STATUS BESI PADA PENDERITA ANEMIA DEFISIENSI BESI DAN ANEMIA PENYAKIT KRONIS (Mawaddah Fitria, 2014)

HUBUNGAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA KEHAMILAN DENGAN ATONIA UTERI DAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSUDZA OKTOBER 2016 – SEPTEMBER 2017 (ZHAFIRA SALSABILA Z, 2018)

HUBUNGAN DERAJAT PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SHARAH ANNISA, 2017)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREVALENSI ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (DESY RAHMIYANTI, 2018)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCEGAHAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN PENDEKATAN TEORI LEININGER DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR (Sri Hariyani, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy