//

ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA KELAS X DI SMA KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anna Zikrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang analisis literasi sains pada buku ajar kimia SMA kelas X di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi sains pada buku ajar kimia SMA kelas X yang digunakan di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2017 di dua belas SMAN di Kabupaten Bireuen. Sampel yang dianalisis adalah dua buah buku ajar kimia kelas X yang paling banyak digunakan oleh guru mata pelajaran kimia. Penentuan buku yang dianalisis dengan cara melakukan survei secara langsung dan memberikan angket penggunaan buku ajar kimia kelas X yang diisi oleh guru mata pelajaran kimia di dua belas SMAN di Kabupaten Bireuen. Buku yang digunakan di Kabupaten Bireuen diantaranya: buku pengarang A, B, C, D, E, F, G, H, I, dan J. Buku yang dianalisis pada penelitian ini adalah buku A dan B. Alasan guru memilih buku A dan B dikarenakan sumbangan dari dinas atau instansi terkait dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Persentase kemunculan kategori literasi sains untuk setiap kategori: 1) pengetahuan sains, buku A: 41,65%, buku B: 41,82%; 2) sains sebagai cara menyelidiki, buku A: 46,92%, buku B: 47,75%; 3) sains sebagai cara berpikir, buku A: 5,08%, buku B: 4,64%; 4) interaksi sains, teknologi dan masyarakat, buku A: 6,35%, buku B: 5,79%. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku ajar kimia SMA kelas X yang digunakan di Kabupaten Bireuen merepresentasikan proporsi literasi sains yang tidak seimbang. Kata kunci: literasi sains, buku ajar, kimia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN BENER MERIAH (Khairil Anbiya, 2018)

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Putri Dewi Septiani, 2018)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SEMESTER GENAP (STUDI KASUS DI SMA/MAN KOTA BANDA ACEH) (Faisal Al-Banna, 2019)

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI UNGGULLAMPEUNEURUT ACEH BESAR (ILSADIATI, 2017)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (ERLITA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy