//

ANALISIS BIOEKONOMI SUMBERDAYA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP.) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hajjatul Mabrura - Personal Name
SubjectFISHERIES - ECONOMICS
FISHES - PRODUCTION ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Sumberdaya ikan tongkol (Euthynnus sp.) merupakan salah satu komoditas perikanan ekonomis penting di Provinsi Aceh. Pemanfaatan terhadap sumberdaya ikan tongkol perlu dikelola dengan baik, agar stok sumberdayanya tetap lestari dan pemanfaatannya dapat bersifat berkelanjutan. Pengelolaan tersebut harus dilakukan dengan pertimbangan yang ditinjau baik dari aspek biologi maupun ekonominya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari–Maret 2017 bertempat di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengelolaan sumberdaya ikan tongkol (Euthynnus sp.) melalui pendekatan bioekonomi Gordon–Schaefer meliputi MSY dan MEY serta tingkat pemanfaatannya di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pengambilan responden secara purposive sampling sebanyak 77 orang nelayan purse seine dan 46 orang nelayan pancing ulur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa MSY ikan tongkol yang boleh ditangkap sebesar 1.273,56 ton dengan effort sebesar 2.252 trip sedangkan MEY ikan tongkol yang harus ditangkap guna mendapatkan keuntungan sebesar 1.261,42 ton dengan effort sebesar 925 trip. Upaya pengelolaan yang dapat dilakukan berdasarkan analisis bioekonomi adalah pengontrolan terhadap daerah penangkapan, pengaturan waktu penangkapan, dan penerapan sistem zonasi dengan membagi wilayah penangkapan. Tingkat pemanfaatan ikan tongkol di PPS Lampulo sebesar 87 % artinya telah mengalami padat tangkap. Kata kunci : Bioekonomi, Tongkol (Euthynnus sp.), Tingkat Pemanfaatan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STATUS PENGELOLAAN PERIKANAN CAKALANG TERKAIT DENGAN IMPLEMENTASI EAFM PADA DOMAIN SUMBERDAYA IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA, KOTA BANDA ACEH (Ratna Sari, 2019)

HUBUNGAN PANJANG ALAT TANGKAP PURSE SEINE DENGAN HASIL TANGKAPAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO, ACEH (Khairul Anwar, 2017)

TINGKAT EFISIENSI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH (Abdul Azis, 2018)

PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA DI BANDA ACEH (Ade Setiawan, 2014)

PENENTUAN KOMODITAS UNGGULAN DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA (PPN) IDI KABUPATEN ACEH TIMUR (Maria Ulfa, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy