//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mika Rona Adilla - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Model pembelajaran quantum teaching, minat belajar siswa, hasil belajar. Pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar yang terjadi di dalam lingkungan sekolah yaitu interaksi antara guru dan siswa. Model pembelajaran quantum teaching adalah salah satu model pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar menjadi menyenangkan. Model pembelajaran quantum teaching juga dapat membangkitkan minat belajar siswa, seperti yang terdapat dalam kerangka quantum teaching yaitu menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran. Minat belajar merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi belajar siswa. Minat adalah rasa suka dan keinginan seseorang untuk mengetahui dan mempelajari sesuatu yang ia inginkan. Adapun berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap siswa kelas VII-2 SMP Negeri 8 Banda Aceh menunjukkan bahwa siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika karena mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat sulit dan banyak perhitungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VII-2 SMP Negeri 8 Banda Aceh dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 8 Banda Aceh yang terdiri atas 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), angket dan lembar observasi untuk mengukur minat belajar siswa, sedangkan hasil belajar siswa di ukur dengan menggunakan instrumen tes soal. Berdasarkan hasil penelitian, minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada kelas VII-2 SMP Negeri 8 Banda Aceh termasuk ke dalam kategori minat belajar sangat tinggi dengan persentase skor angket 75,31%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dapat dikatakan siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu terdapat 17 siswa tuntas dengan persentase 85% dan 3 siswa tidak tuntas dengan persentase 15%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (RIKA OKTAVIANA A, 2019)

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy