//

ANALISIS KESTABILAN LERENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI MASSA BATUAN DI LERENG BEKAS PENAMBANGAN PT LHOONG SETIA MINING, LHOONG, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rijal Askari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Lereng merupakan bagian dari permukaan bumi yang memiliki sudut kemiringan terhadap bidang horizontal. Berdasarkan survey pendahuluan yang telah dilakukan pada lereng PT Lhoong Setia Mining, Aceh Besar bahwa adanya bekas longsoran yang terdapat pada beberapa lereng. Hal ini dikarenakan tidak adanya monitoring yang dilakukan secara berkala. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi longsoran yang terjadi berdasarkan analisis kinematik serta mengetahui nilai bobot dari klasifikasi massa batuan Rock Mass Rating (RMR) dan Slope Mass Rating (SMR) yang ada pada lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Scanline (analisis kinematik) dengan panjang 50 meter serta metode Rock Mass Rating (RMR) dan Slope Mass Rating (SMR). Pengumpulan data berupa data geometri lereng dan data struktur kekar yang ada pada lereng lokasi penelitian. Hasil analisis kinematik pada lokasi penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 jenis longsoran yang berpotensi terjadi, diantaranya longsoran baji (perpotongan joint set 1 dan joint set 3), longsoran baji (perpotongan joint set 2 dan joint set 4), longsoran bidang (joint set 6) dan longsoran guling (joint set 5). Hasil Rock Mass Rating (RMR) yang diperoleh pada lokasi penelitian sebesar 73,10. Hasil Slope Mass Rating (SMR) yang diperoleh dari 4 jenis longsoran yang ada pada lokasi penelitian berada pada kisaran nilai 61-80. Simpulan dari penelitian ini bahwa nilai Rock Mass Rating (RMR) dan Slope Mass Rating (SMR) pada lokasi penelitian dapat diklasifikasikan ke dalam kelas II (baik) namun lereng tersebut berpotensi terjadi longsor berdasarkan analisis kinematik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STABILITAS LERENG TERHADAP FAKTOR KEDALAMAN GALIAN TAMBANG TERBUKA DARI ASPEK GEOTEKNIK (STUDI KASUS PERTAMBANGAN BATUBARA DESA SUMBER BATU KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT) (LISA FIANTI, 2019)

ANALISIS KESTABILAN LERENG MENGGUNAKAN KLASIFIKASI MASSA BATUAN DENGAN METODE ROCK MASS RATING (RMR) DAN SLOPE MASS RATING (SMR) DI JALAN RAYA BANDA ACEH-MEULABOH KM 20 DAN KM 27 KEC.LEUPUNG, ACEH BESAR (NAUFAL EFFENDI, 2019)

OPTIMALISASI LERENG GALIAN BANKO BARAT PIT 2 TAHUN 2016 DI PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK. UNIT PERTAMBANGAN TANJUNG ENIM, PROVINSI SUMATERA SELATAN (Zati Hulwani, 2016)

ANALISIS KESTABILAN LERENG PIT B PT MIFA BERSAUDARA KABUPATEN ACEH BARAT PROVINSI ACEH (Riska Azwita, 2018)

SURVEI TANAH LONGSOR DI LOKASI LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN KUAT TEKAN SELINDER BEBAS (Rahmad Hidayat, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy