//

Skrining dan StudiPertumbuhan Mikroorganisme Termo-Halofilik Isolat Pria Laot Sabang Penghasil Lipase

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Hikmatul Ulwiyah - Personal Name
SubjectLIPASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Beberapa strain mikroorganisme termo-halofilik telah berhasil diisolasi dari kawasan sumber air panas bawah laut Pria Laot Sabang. Empat strain telah diuji potensinya untuk menghasilkan lipase yaitu PLS A, PLS 75, PLS 76 dan PLS 80. PLS 80 mampu menghasilkan lipase setelah diinkubasi pada suhu 70oC selama 24 jam, pH 9 dalam media produksi agar yang mengandung minyak zaitun, tween 80 dan rhodamin B. Aktivitas maksimum lipase tercapai pada jam ke-16 inkubasi, pH 9, suhu 70oC dengan kecepatan pengadukan 150 rpm. Aktivitas yang diperoleh sebesar 18,05 U/mL. PLS 80 merupakan mikroorganisme Gram negatif. Analisis morfologi sel menggunakan SEM menunjukkan PLS 80 berbentuk batang yang panjang yang merupakan ciri Geobacillus sp. Pohon filogenetik dibentuk untuk mengetahui kekerabatannya dengan mikroorganisme lain berdasarkan hasil sekuensing gen 16S rRNA. PLS 80 memiliki kemiripan 99% dan terletak dalam cabang yang sama dengan G. kaustophillus strain Da2. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa PLS 80 mampu menghasilkan lipase yang bersifat alkali-termostabil, mikroorganisme Gram negatif dan termasuk dalam genus Geobacillus sp. Kata kunci: Mikroorganisme termo-halofilik, lipase termostabil, lipase alkali-termostabil, Geobacillus sp.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SKRINING DAN STUDIPERTUMBUHAN MIKROORGANISME TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT SABANG PENGHASIL LIPASE (Nurul Hikmatul Ulwiyah, 2014)

SKRINING DAN STUDI POTENSI α-AMILASE TERMOSTABIL YANG DIHASILKAN DARI MIKROORGANISME TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT-SABANG (Jasmin Putri Nabila, 2014)

PEMURNIAN LIPASE DARI BAKTERI TERMO-HALOFILIK PRIA LAOT SABANG (PLS) 80 MENGGUNAKAN FRAKSINASI ASETON DAN APLIKASI UNTUK SINTESIS BIODIESEL (Pati Kemala, 2018)

SKRINING DAN OPTIMASI PRODUKSI PROTEASE DARI MIKROORGANISME TERMOFILIK DAN HALOFILIK ISOLAT LOKAL PRIA LAOT SABANG (Atikah, 2014)

SKRINING ANTIBIOTIK DAN IDENTIFIKASI GEN 16S RRNA DARI BAKTERI TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT SABANG (PLS) 76 (Amelya Yolanda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy