//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PINANG DI KECAMATAN LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kaspul Asrar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kaspul Asrar. 1105102010096. Analisis Faktor-faktor Yang Mepengaruhi Produksi Pinang di Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan di bawah bimbingan Bapak Ir. T. Makmur, M.Si sebagai pembimbing utama dan Dr. Zakiah, S.P,M.Si selaku pembimbing anggota. RINGKASAN Selama ini hasil produksi pertanian sebagian besar merupakan hasil produksi tanaman pangan dan tanaman perkebunan. Sektor pertanian merupakan sektor yang memegang peranan penting dan menjadi leading sector (sektor utama terhadap total PDRB) dalam perekonomian Aceh hingga saat ini. Pinang merupakan salah satu komoditas hasil hutan non-kayu dari Aceh yang memiliki potensi yang cukup besar. Luas areal dan produksi pinang mengalami peningkatan dalam kurun 4 tahun terakhir (2008-2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor luas lahan, modal, dan tenaga kerja terhadap produksi pinang di Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan, Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive), Jumlah populasi pada daerah penelitian sebanyak 160 orang yang diambil dari tiga desa di kecamatan tersebut yaitu desa Gunung Rotan, Keumumu Hilir, dan desa Keumumu Seberang. Penentuan sampel dilakukan dengan cara teknik pengambilan sampel secara acak sederhana (Simple random sampling) sebanyak 48 responden atau 30 persen dari total populasi. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan produksi dengan regresi linier berganda Hasil analisis koefisiensi determinasi ( R² ) diperoleh nilai sebesar 0,791 yang berarti bahwa luas lahan, modal, dan tenaga kerja mempengaruhi produksi pinang sebesar 79,1%, sedangkan sisanya 20,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis secara serempak (uji-f) bahwa faktor luas lahan, modal, dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi pinang di Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan. Analisis secara parsial (uji-t) menyatakan bahwa faktor luas lahan dan modal, dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi pinang Untuk meningkatkan produksi pinang di Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan, petani pinang hendaknya dapat memperhatikan dan meningkatkan luas lahan dan masih perlu menggali faktor lain yang lebih nyata pengaruhnya terhadap produksi pinang agar tercapainya produksi yang optimal. Untuk meningkatkan pendapatan usahatani pinang di Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan, hendaknya petani dapat meningkatan produksi, memperhatikan harga pinang, penggunaan jumlah tenaga kerja yang efisien dan jumlah biaya produksi yang sesuai

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI PETANI DALAM MELAKUKAN USAHATANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Masrafit, 2013)

EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI PINANG DI KABUPATEN PIDIE(STUDI KASUS DI KECAMATAN PADANG TIJI) (RIZA AZHARI, 2015)

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI JAGUNG KECAMATAN DARUL AMAN KABUPATEN ACEH TIMUR (HERMANSYAH, 2016)

PERKEMBANGAN KECAMATAN KLUET TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN PASCA PEMEKARAN TAHUN 2003-2012 (ASMA AINI, 2018)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI NILAM DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN. (Julyandhika Rahman, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy