//

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU DAN PEMBERIAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR FLAVONOID PADA SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT PUTRI AMALYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Amalya, Cut Putri. 2017. Pengaruh Pemberian Limbah Cair Tahu Dan Pemberian Air Kelapa Terhadap Pertumbuhan Dan Kadar Flavonoid Pada Seledri (Apium Graveolens L.). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Supriatno, M. Si., Ph. D., (2) Dr. Hafnati Rahmatan, M. Si. Kata Kunci: Seledri, Limbah Cair Tahu, Air Kelapa, Flavonoid Tanaman Seledri (Apium graveolens L.) merupakan tumbuhan yang menyukai tanah mengandung garam natrium dan kalsium serta unsur boron agar pertumbuhannya optimal. Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara Tanaman Seledri dan meningkatkan pertumbuhan tanaman yang baik, perlu penggunaan pupuk alami yang mengandung unsur hara anatara lain N, P, K dan zat pengatur tumbuh (ZPT). Limbah cair tahu dan air kelapa tersebut dapat dijadikan alternatif baru yang digunakan sebagai pupuk, sebab di dalam limbah cair tahu dan air kelapa memiliki ketersediaan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah cair tahu, limbah air kelapa dan campuran keduanya terhadap pertumbuhan dan kadar flavonoid pada Tanaman Seledri (Apium graveolens L.). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan percobaan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan serta menggunakan metode kolorometri dengan spektrofotometer UV-VIS untuk mengukur kandungan flavonoid. Data dianalisis dengan menggunakan Anava dan Uji Tukey HSD pada taraf kepercayaan α = 0,05 (95%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian limbah cair tahu dan air kelapa berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan Tanaman Seledri yang meliputi tinggi batang, jumlah cabang dan berat kering serta berpengaruh nyata terhadap kadar flavonoid.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TETRASELMIS SP. (Agus SriMuliadi, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Fara Meutia, 2015)

PEMANFAATAN LIMBAH CAIR TAHU DAN AIR KELAPA UNTUK MEMPERBAIKI SIFAT KIMIA TANAH, MENINGKATKAN HASIL DAN KUALITAS BIJI KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERILL) (Nailis Saadah, 2015)

EFEK PEMBERIAN INFUSA DAUN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN ALOKSAN (Kiky Moelviani, 2016)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Wira Stary Rukmana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy